DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perubahan pH, Fe-Larut dan P-Tersedia Pada Lahan Pasang Surut Dengan Pemberian Bahan Organik Berbahan Baku Tandan Kosong Kelapa Sawit
PENGARANG:AGATA DISTRIANA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-17


AGATA DISTRIANA PUTRI. Perubahan pH, Fe-larut dan P-tersedia pada lahan pasang surut dengan pemberian bahan organik berbahan baku tandan kosong kelapa sawit, dibimbing oleh Bambang Joko Priatmadi dan Afiah Hayati.

            Penelitian ini bertujuan mengetahui peengaruh kompos tandan kosong kelapa sawit (TKKS) dan dosis terbaik terhadap perubahan pH, Fe-larut dan P-tersedia di lahan pasang surut. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal, dengan dosis perlakuan kompos TKKS. Dosis kompos TKKS yang digunakan dalam penelitian yaitu, 0 ton.ha-1, 2,5 ton.ha-1, 5 ton.ha-1, 7,5 ton.ha-1 dan 10 ton.ha-1, diinkubasi menggunakan air AC dengan tinggi genangan 5 cm, selama satu bulan di rumah kaca. Parameter yang diamati yaitu pH, Fe-larut dan P-tersedia.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompos TKKS dalam berbagai dosis dapat meningkatkan pH tanah. Dosis 7,5 ton.ha-1 dan 10 ton.ha-1 meningkatkan Fe-larut. Dosis 2,5 ton.ha-1, 5 ton.ha-1 dan 7,5 ton.ha-1 dapat meningkatkan P-tersedia dalam tanah. Dosis 2,5 ton.ha-1 menjadi dosis terbaik kompos TKKS dalam perubahan pH, Fe-larut dan P-tersedia di lahan pasang surut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI