DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PERPUSTAKAAN MESJID RAYA SABILAL MUHTADIN KOTA BANJARMASIN DALAM MENANAMKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA
PENGARANG:MUHAMMAD LAMRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-17


ABSTRAK

 

Muhammad Lamri. 2021. Peran Perpustakaan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Kota Banjarmasin dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Wahyu (II) Rabiatul Adawiah.

Kata kunci : Peran perpustakaan, pendidikan karakter, gemar membaca

Perpustakaan mempunyai peran yang sangat penting dalam peningkatan kwalitas sumber daya manusia sebagai sarana pendidikan karekter gemar mambaca pada diri manusia, termasuk Perpustakaan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin. Namun, berdasarkan kenyataan masih rendahnya karakter gemar membaca dan tingkat partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan perpustakaan tersebut. Penyebabnya berasal dari faktor eksternal dan internal. Peneliti didalam penelitian ini hanya memfokuskan pada faktor eksternal khususnya tentang peranan perpustakaan, kendala yang dihadapi perpustakaan, serta usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut dalam menanamkan pendidikan karakter gemar membaca.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedekatan kualitatif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis model interaktif dari Miles dan Huberman.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Perpustakaan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin dalam mewujudkan karakter warga negara melalui gemar membaca dengan melakukan serangkaian kegiatan di perpustakaan seperti layanan sirkulasi, layanan membuat kartu anggota, layanan memberikan informasi, dan layanan memberi bimbingan belajar. Berdasarkan layanan tersebut menanamkan nilai karakter seperti Jujur, Bertanggungjawab, Disiplin, Cinta Ilmu, Ingin Tahu dan Nasionalis terhadap pengunjung perpustakaan. Kendala yang dihadapi perpustakaan seperti dana yang didapat masih belum cukup, fasilitas yang ada belum memadai dan belum dikembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi sehingga yang diinginkan dalam kebutuhan perpustakaan belum maksimal. Usaha yang dilakukan mengatasi kendala tersebut dengan cara melakukan kerjasama dari berbagai pihak.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar kegiatan yang dilakukan Perpustakaan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin dalam mewujudkan karakter warga negara mampu diterapkan dengan tujuan membentuk karakter gemar membaca serta mempraktekkan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut. Mengambangkan fasilitas yang sudah ada berdasarkan kemajuan teknologi seperti menyadiakan menyediakan mesin pencari buku, internet, dan fasilitas lainnya sehingga mempermudah pengunjung dalam menunjang pendidikan karakter gemar membaca. Melaksanakan kerjasama dari berbagai pihaklebih dimaksimalkan sampai mempunyai fasilitas yang sesuai dengan kemajuan teknologi dalam menunjang pendidikan karakter gemar membaca.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI