DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SURVEI KETERSEDIAAN SARANA PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI DAERAH LAHAN BASAH KECAMATAN BABIRIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:AHMAD ANWAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-17


ABSTRAK

AHMAD ANWAR, NIM.1710122310002, Survei Ketersediaan Sarana Prasarana dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Daerah Lahan Basah Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. H. Sarmidi, M.kes., AIFO (II) Akhmad Amirudin, S.Pd., M.Pd.

Proses Pembelajaran dipengaruhi oleh sarana prasarana, sehingga jika sarana prasarana dalam keadaan baik maka akan memudahkan tercapainya suatu tujuan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah, kondisi, status kepemilikan sarana prasarana dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Metode pemilihan Sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara yaitu sebanyak 2 sekolah dengan objek sarana prasarana dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk mengklasifikasikan jenis data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pada perlengkapan/ketersediaan sarana pembelajaran sesuai dengan setiap Kurikulum Dasar pada setiap kelas. Hal ini diharapkan akan menghasilkan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Selain itu diharapkan kelancaran dalam proses pembelajaran di sekolah yang dilakukan sehingga tujuan pendidikan akan tercapai dengan optimal. Dilihat dari jumlah, kondisi, dan status kepemilikan sarana prasarana yang ada maka diharapkan dapat menunjang suatu pembelajaran. Sedangkan sarana prasarana yang kurang baik tidak dapat menunjang proses pembelajaran. Oleh karena itu dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan menjadi tidak berjalan dengan optimal yang mengakibatkan tidak efektif dan efisien.Maka dari itu diharapkan sekolah dapat melengkapi sarana prasarana yang belum ada dan diperlukan usaha pemeliharaan agar sarana prasarana yang tersedia kondisinya tetap dalam keadaan baik dan siap digunakan untuk menunjang proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Kata Kunci : Sarana, Prasarana, Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI