DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGETAHUAN DAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP KEBERSIHAN LINGKUNGAN SUNGAI DI KELURAHAN ALALAK SELATAN KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:BAYU SETYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-17


ABSTRAK

Bayu Setya. 2021. Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat Terhadap Kebersihan Lingkungan Sungai di Kelurahan Alalak Selatan Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Zainul Akhyar, (II) Dian Agus Ruchliyadi.

Kata kunci :Pengetahuan, Kesadaran, Masyarakat, Kebersihan sungai.

Kebersihan lingkungan menjadi salah satu faktor utama demi berlangsungnya hidup yang bersih. Melihat kondisi saat ini kebersihan lingkungan khususnya sungai sudah sangat memperihatinkan. Di Alalak selatan sendiri kondisi sungai juga sudah sangat tercemar. Banyaknya pabrik kayu membuat sungai dikawasan Alalak Selatan ini tercemar oleh limbah kayu yang dihasilkan oleh pabrik tersebut. Faktor lain yang membuat tercemarnya sungai di kawasan Alalak Selatan ini adalah masih banyaknya warga yang membuang sampah ke sungai membuat sungai di kawasan Alalak Selatan menjadi tercemar. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan batasan masalah penelitian pada tingkat pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sungai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat Alalak Selatan terhadap kebersihan lingkungan sungai di Kelurahan Alalak Selatan Kota Banjarmasin. Untuk mengetahui tingkat kesadaran masyarakat Alalak Selatan terhadap kebersihan lingkungan sungai di Kelurahan Alalak Selatan Kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan dengan cara memandang objek kajian sebagai suatu sistem. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder sebagai sumber data utama. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta untuk analisis data, peneliti menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan penelitian.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sungai di Kelurahan Alalak Selatan Kota Banjarmasin masih kurang karena masyarakat tidak tahu adanya Bank sampah, kurangnya edukasi dan rendahnya tingkat pendidikan. Kesadaran masyarakat Alalak Selatan terhadap kebersihan lingkungan sungai dilihat dari pengetahuan, sikap dan tindakan, masih belum baik dan merata.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan edukasi dan sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Kelurahan Alalak Selatan kepada masyarakat mengenai kebersihan lingkungan sungai diharapkan dapat ditingkatkan lagi agar pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sungai menjadi lebih baik. Program kerja Kelurahan Alalak Selatan mengenai kebersihan sungai juga harus dioptimalkan lagi agar terciptanya lingkungan sungai yang bersih.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI