DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKN DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 2 MARTAPURA
PENGARANG:MUHAMAD KESUMA PERDHANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-17


Muhamad Kesuma Perdhana. 2021. Penggunaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Menunjang Pembelajaran Daring PPKn Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMAN 2 Martapura. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Zainul Akhyar (II) Muhammad Elmy.

 

Kata Kunci : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Kendala Guru, Pandemi Covid-19.

 

Penggunaan RPP penting untuk bisa membuat guru menjadi lebih mudah dalam mengarahkan pembelajaran agar bisa mencapai tujuan pembelajaran. Pandemi Covid-19 membuat proses pembelajaran harus dialihkan menjadi pembelajaran daring, menjadikan beberapa guru di SMAN 2 Martapura merasa kesulitan dalam metode pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam menunjang  pembelajaran daring PPKn pada masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Martapura. Di samping itu, juga untuk mengetahui kendala guru dalam pembelajarandaring PPKn pada masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Martapura.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data akan dianalisa dengan metode deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam menunjang pembelajaran daring PPKn pada masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Martapura sudah baik, dikarenakan bisa menjadikan proses pembelajaran menjadi baik dan terarah.Rencana pelaksanaan pembelajaran mampu membantuguru dalam mengarahkan pembelajaran agar bisa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Kendala yang kerap ditemui oleh guru dalam pembelajaran daring diantaranya adalahjaringan internet yang kadang terjadi gangguan, laptop dan hp yang digunakan terkadang tidak berjalan dengan baik , dan penyampaian materi kepada siswa yang dirasakan oleh guru tidak sebaik saat pembelajaran tatap muka di sekolah.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar sekolah memfasilitasi guru untuk bisa mempelajari mengenai rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik.. Guru sebaiknya selalu mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran ketika hendak melakukan proses pembelajaran baik luring maupun daring. Guru bisa memeriksa dan memastikan jaringan internet, laptop dan hp sebelum digunakan dalam pembelajaran daring. Pihak sekolah hendaknya sering mengadakan pemantauan, dan menyediakan tempat khusus bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran agar bisa meminimalisir kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran daring.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI