DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI LITERATUR PEMILIHAN ARTIKEL BERITA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:NADIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-17


ABSTRAK

Nadia. 2020. Studi Literatur Pemilihan Artikel Berita Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M. Hum dan Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy, M. Pd.

Penggunaan artikel berita sebagai sumber belajar yang dapat digunakan oleh pendidik dan peserta didik untuk memperoleh informasi dan pengetahuan sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar. Tujuan penulisan ini akan menjelaskan lebih rinci tentang sumber belajar, klasifikasi sumber belajar, media surat kabar sebagai sumber belajar, artikel berita sebagai sumber belajar, implementasi sumber belajar berbasis media, sumber belajar berbasis potensi lokal, dan integrasi sumber belajar IPS.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan desain penelitian literature review atau tinjauan pustaka dengan mengumpulkan berbagai literatur yang terkait, kemudian di analisis untuk keperluan karya tulis ini. Strategi pencarian literatur dengan penelusuran artikel melalui google scholar menggunakan kata kunci dari rumusan masalah. Sintesis data dari studi literatur ini dengan mengelompokkan data-data hasil ekstraksi yang sejenis sesuai dengan hasil yang diukur untuk menjawab tujuan.

Hasil penelitian: 1) Klasifikasi pengembangan sumber belajar memberikan penjelasan tentang bagaimana menentukan sumber belajar yang akan digunakan 2) Media surat kabar merupakan media cetak berisikan informasi yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar 3) Artikel berita digunakan sebagai sumber belajar karena berita merupakan sebuah fakta yang benar dan kontekstual 4) Implementasi sumber belajar berbasis media penggunaan media sebagai sumber belajar sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat dengan mudah untuk di pahami 5) Sumber belajar berbasis potensi lokal menjelaskan penggunaan sumber belajar yang memanfaatkan potensi lokal dimana tempat lingkungan sekitar peserta didik tinggal 6) Integrasi sumber belajar dan materi belajar IPS menentukan sumber belajar yang akan digunakan sesuai dengan materi pembelajaran IPS yang akan diajarkan.

Kata Kunci: Artikel Berita, Potensi Lokal dan Sumber Belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI