DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LINGKUP KAUSALITAS GEOGRAFI HINGGA TINJAUAN MASALAH LINGKUNGAN: STUDI LITERATUR ILMU GEOGRAFI DAN PENDIDIKAN IPS
PENGARANG:MUSDALIPAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-17


Musdalipah, 2020. Lingkup Kausalitas Geografi Hingga Tinjauan Masalah Lingkungan: Studi Literatur Ilmu Geografi dan Pendidikan IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pembimbing I: Prof.  Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Akhmad Munaya Rahman, M.Pd

Geografi adalah ilmu yang menjelaskan tentang fenomena geosfer diantaranya termasuk lingkungan. Geografi melihat bagaimana masyarakat membentuk dan mengubah lingkungan alam secara terus menerus, sehingga menghasilkan lanskap hubungan alam-sosial yang sangat kompleks. Tujuan penulisan ini adalah untuk menguraikan lebih rinci tentang ilmu geografi, lingkup kausalitas dan prinsip geografi, geografi fisik, konsep lingkungan hingga masalah lingkungan.

Metode yang digunakan adalah studi literatur, studi ini mengungkapkan cara mengelola bahan penelitian, strategi pencarian literaturnya menggunakan google scholar, buku-buku di perpustakaan bahkan di Gramedia. Mekanisme yang digunakan dimulai dari memasukan kata kunci pada pencarian, kemudian disintesiskan menggunakan pendekatan naratif. 

Hasil penulisan ini mendeskripsikan (1) ilmu geografi sebagai studi mengenai fenomena geosfer yang menggunakan metode ruang, lingkungan, dan wilayah yang kompleks guna mempelajari alam dan manusia yang saling berkaitan (2) lingkup kausalitas dan prinsip geografi sebagai analisis permukaan bumi dan segala aktivitas kehidupan manusia (3) geografi fisik sebagai gejala alamiah permukaan bumi yang menjadi lingkungan hidup manusia (4) lingkungan sebagai alam sekitar termasuk makhluk hidup yang saling mempengaruhi (5) masalah lingkungan yang berkaitan dengan seluruh komponen makhluk hidup. 

Penerapan ilmu geografi hendaknya dilakukan di setiap keadaan, tidak hanya ketika proses pembelajaran IPS di kelas, namun di setiap saat wajib menerapkan konsep geografi. Pembelajaran IPS yang memuat konsep geografi dapat menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dan mampu mengaitkannya dengan lingkungan sekitar peserta didik, sehingga bisa didapat pemahaman yang bermakna dan mampu diimplementasikan dalam kehidupan.

Kata Kunci: Ilmu Geografi, Lingkungan, Pembelajaran IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI