DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI NILAI KEPEDULIAN SOSIAL DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN CIVIC DISPOSITION SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 18 BANJARMASIN
PENGARANG:RAHMI HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-17


 

ABSTRAK

 

 

Rahmi Hidayat, 2021. Implementasi Nilai Kepedulian Sosial dalam Menumbuhkembangkan Civic Disposition Siswa pada Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 18 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Hj. Fatimah, M.Hum, (II) Muhammad Elmy, S.Pd, M.Pd.

 

Kepedulian sosial merupakan salah satu nilai yang memiliki peran penting dalam kehidupan, terutamanya di sekolah sebagai salah satu ruang lingkup pendidikan untuk menumbuhkembangkan serta membentuk Civic Disposition siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa yang ditekankan pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri 18 Banjarmasin.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penarikan data yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi nilai kepedulian sosial dalam menumbuhkembangkan Civic Disposition siswa pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri 18 Banjarmasin menunjukkan bahwa: (1) Implementasi nilai kepedulian sosial dalam menumbuhkembangkan Civic Disposition siswa dari perencanaan (meliputi: mempersiapkan RPP sesuai dengan materi pembelajaran, menggunakan berbagai sarana dan media mengajar yang mendukung, serta menjadwalkan kegiatan rutin yang berkaitan dengan sikap peduli sosial);(2) Implementasi nilai kepedulian sosial dalam menumbuhkembangkan Civic Disposition siswa dari pelaksanaan yang dilakukan (meliputi: pelaksanaan sikap yang diterapkan langsung, baik dalam proses pembelajaran PPKn maupun dilingkungan sekolah, seperti dalam hal kegiatan keagamaan, bakti sosial dan memperingati hari-hari nasional); (3) Implementasi nilai kepedulian sosial dalam menumbuhkembangkan Civic Disposition siswa dari hasil yang didapatkan (meliputi: menghasilkan karakter integritas, gotong royong, nasionalis, religius dan mandiri).

 

 Saran dalam penelitian ini untuk guru pengajar mata pelajaran PPKn dalam pelaksanaan pengajaran terutama yang memuat nilai kepedulian sosial agar lebih ditekankan lagi dengan memperbanyak contoh kegiatan langsung yang berhubungan dengan nilai tersebut, dan dukungan yang bias diberikan pihak sekolah salah satunya dalam hal kegiatan yang mendorong siswa tidak hanya aktif dilingkungan sekolah, namun juga turut serta berperan dimasyarakat seperti kegiatan bakti sosial sebagai agenda rutin kegiatan sekolah minimal 1 (satu) tahun sekali, untuk memacu semangat kepedulian sosial siswa.

 

 

Kata Kunci: Nilai Kepedulian Sosial, Civic DispositionText Box: HAL vii, Pembelajaran PPKn.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI