DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEBIASAAN MAHASISWA MEMBOLOS KULIAH DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD ZAINI NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-17


ABSTRAK

 

Ahmad Zaini Noor, 2020, Kebiasaan Mahasiswa Membolos Kuliah Di Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Skirpsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Wahyu, (II) Syahlan Mattiro.

 

Kata Kunci : Kebiasaan, Membolos, dan Mahasiswa

 

     Norma merupakan aturan dalam masyarakat. Aturan tersebut baik dalam berperilaku dan bagaimana bersikap. Norma merupakan bagian inti dari masyarakat, karena norma terdapat disetiap bagian kehidupan masyarakat. Peraturan mengikat kita agar kita berperilaku sesuai dengan tujuan diciptakannya peraturan tersebut. Tapi apa sebenarnya yang terjadi ketika kita yang terikat dengan suatu peraturan namun setiap ada kesempatan kita juga selalu mencari kesempatan dan pembenaran untuk peraturan yang kita langgar. Hal ini sudah terjadi bahkan di lembaga pendidikan. Salah satu bentuk pelanggaran yang terjadi adalah membolos. Pelanggaran ini terdapat di setiap tingkat lembaga pendidikan. Termasuk lembaga perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskrifsikan faktor-faktor penyebab mahasiswa melakukan perilaku membolos; (2) Untuk mendeskrifsikan pencegahan dan penyelesaian perilaku membolos.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara  dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor penyebab kebiasaan membolos mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi terdiri atas dua faktor yaitu faktor internal sebagai faktor utama dan faktor eksternal sebagai faktor pendorong; (2) model pencegahan dan penyelesaian kebiasaan membolos oleh mahasiswa berupa kontrol diri serta pandangan dan pendapat dosen untuk mahasiswa membolos.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan: (1) kepada mahasiswa memikirkan tujuan awal dari kuliah yang ditempuh dan menimbang kembali sanksi dan konsekuensi, serta membangun niat dan semangat untuk kuliah; (2) Dosen hendaknya membangun pendekatan kepada mahasiswa, sehingga para mahasiswa yang memiliki masalah tidak ragu untuk dan segan untuk mengkonsultasikan masalahnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI