DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBINAAN NARAPIDANA DALAM SITUASI OVER KAPASITAS DILEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:RENDY WAHYU RIDHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-17


ABSTRAK

 

Rendy W Ridhani, 2020. Pembinaan Narapidana dalam Situasi Over Kapasitas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kota Banjarmasin. Skripsi program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Zainul Ahyar, Pembimbing (II) Suroto.

Kata kunci : Pembinaan, Over Kapasitas

               Berkaitan dengan Pembinaan akibat over kapasitas yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A kota Banjarmasin, salah satu kewajiban lembaga pemasyarakatan adalah memberikan program – program pembinaan kepada WBP karena dengan pembinaan WBP yang baik akan menurunkan tingkat over kapasitas yang terjadi didalam lapas serta memberikan kesempatan kepada para WBP untuk menambah kemampuan guna memperbaiki kehidupan setelah keluar dari lembaga pemasyarakatan.

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana pembinaan tetap berjalan dengan optimal ketika terjadi over kapasitas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A kota Banjarmasin tanpa mengurangi substansi dari pembinaan itu sendiri.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pelaksanaan pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Banjarmasin sudah berjalan dengan semestinya  walaupun dengan keadaan lapas yang mengalami over kapasitas serta dengan berbagai kendala kurangnya saran maupun prasarana pendukung.

            Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disarankan kepada lembaga pemasyarakan peningkatan sumber daya manusia ( SDM ) menjadi syarat mutlak tercapainya tujuan program pembinaan disamping dengan peningkatan sarana maupun prasarana yang ada didalam lembaga pemasyarakatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI