DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE) SEBAGAI WADAH PENGUATAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB GENERASI MUDA DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:RARAS DESY NINGRUM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-17


ABSTRAK

 

 

Raras D Ningrum, 2020. Pelaksanaan Program Generasi Berencana (Genre) Sebagai Wadah Penguatan Perilaku Tanggung Jawab Generasi Muda Di Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Mariatul Kiptiah, Pembimbing (II) Muhammad Elmy.

Kata Kunci : Program Generasi Berencana, Tanggung Jawab, Generasi Muda.

Program Generasi Berencana (GenRe) adalah program pemerintah dari BKKBN dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja agar mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi. Program generasi berencana ini juga diterapkan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta sikap dan perilaku positif remaja tetang kesehatan reproduksinya untuk menyiapkan remaja memasuki dan menjalankan kehidupan bekerluarga yang sehat danberkualitas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program GenRe di Banjarmasin dalam mengatasi permasalahan remaja, dan juga untuk mengetahui peran program GenRe dalam memperkuat perilaku tanggung jawab remaja sehingga terhindar dari permasalahan remaja yang nantinya akan merugikan remaja tersebut di masa yang akan datang.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program GenRe sudah dilakukan berbagai kegiatan. Pendekatan yang dilakukan dengan dua cara yakni, membentuk kelompok PIK (Pusat Informasi dan Konseling) dan BKR (Bina Keluarga Remaja). Namun kegiatan yang dilakukan tidak bisa dilakukan pada seluruh remaja yang di Banjarmasin karena keterbatasandana.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pelaksanaan dapat dilakukan secara rutin dan dilaksanakan di berbagai daerah agar keberhasilan program Genre dalam memperkuat perilaku tanggung jawab remaja sehingga terhindar dari permasalahan yang merugikan mereka di masa depan sesuai dengan harapan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI