DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ILMU SEJARAH DAN PENDIDIKAN IPS; STUDI LITERATUR LINGKUP KAUSALITAS SEJARAH HINGGA KONSEP WAKTU
PENGARANG:SAMIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-17


ABSTRAK

 

Samiah, 2020. Ilmu Sejarah dan Pendidikan IPS; Studi Literatur Lingkup Kausalitas Sejarah hingga Konsep Waktu. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, M.A dan Pembimbing II: Dra. Hj. Rochgiyanti, M.Si, M.Pd.

 

Ilmu Sejarah dan Pendidikan IPS satu diantara mata kuliah di Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM Mata kuliah Ilmu Sejarah dan Pendidikan IPS disajikan dalam 16 pertemuan, materi yang diajarkan pada mata kuliah Ilmu Sejarah dan Pendidikan IPS yaitu mempelajari tentang definisi sejarah hinga konsep waktu dalam sejarah. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan lingkup kausalitas sejarah. 2) Mendeskripsikan lingkup eksplanasi sejarah. 3) Mendeskripsikan unsur pembabakan sejarah. 4) Mendeskripsikan perkembangan ilmu sejarah 5) Mendeskripsikan permasalahan ilmu sejarah. 6) Mendeskripsikan konsep nilai dalam sejarah. 7) Mendeskripsikan konsep waktu dalam sejarah. 8) Mendeskripsikan tokoh-tokoh sejarawan. 9) Mendeskripsikan teori-teori dalam sejarah. 10) Mendeskripsikan keterkaitan Ilmu Sejarah dan Pendidikan IPS.

Desain penelitian digunakan untuk mendeskripsikan hasil penelitian studi literatur. Tinjaun pustaka digunakan untuk desain penelitian dalam studi literatur. Strategi pencarian literatur digunakan untuk penelusuran artikel. Mekanisme penelusuran data digunakan untuk mencari kata kunci dari tujuh rumusan masalah. Metode naratif digunakan untuk mensintesis data dari studi literatur.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Lingkup kausalitas sejarah adalah hubungan sebab akibat antara suatu peristiwa dengan peristiwa lainnya. 2) Lingkup eksplanasi sejarah adalah suatu proses yang menunjukkan peristiwa-peristiwa tertentu kemudian dihubungkan dengan peristiwa-peristiwa lain. 3) Unsur pembabakan sejarah adalah keterkaitan antara ruang dan waktu dengan yaitu kapan peristiwa sejarah itu terjadi. 4) Perkembangan ilmu sejarah adalah bersifat empiris atau berdasarkan pengalaman. 5) Permasalahan ilmu sejarah yaitu karena faktor tenaga pengajar dan peserta didik. 6) Konsep nilai dalam sejarah adalah cinta tanah air, patriotisme, dan nasionalisme. 7) Konsep waktu dalam sejarah yaitu dimana setiap peristiwa sejarah memiliki unsur waktu kapan peristiwa itu pernah terjadi. 8) Tokoh-tokoh sejarawan bahwa seseorang bisa dikatakan sejarawan ketika mereka membagikan pengalamannya dengan melakukan penelitian dengan metode sejarah. 9) teori-teori sejarah pertama teori Gerak Siklus, teori Daur Kultural, teori Tantangan dan Tanggapan, teori Dialektika, teori Despotisme, teori Perkembangan Sejarah dan Masyarakat, dan teori Feminisme. 10) Keterkaitan Sejarah dan Pendidikan IPS karena sejarah membahas konsep tentang masa lalu yang berkaitan dengan ruang dan waktu.

 

Kata kunci: Studi Literatur, Ilmu Sejarah, dan Pendidikan IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI