DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI PENEGAKAN TATA TERTIB SEKOLAH DI SMAN 8 BANJARMASIN
PENGARANG:INTAN KOMALASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-17


ABSTRAK

 

Intan Komalasari, 2020. Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisplinan Peserta Didik Melalui Penegakan Tata Tertib Sekolah Di SMAN 8 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Drs. Zainul Akhyar, M.H. Pembimbing (II) Muhammad Elmy, S.Pd. M.Pd

 

Kata Kunci : Upaya, Meningkatkan Pendisiplinan, Penegakan, Tata Tertib, Disiplin, Hukuman, Sekolah

 

Disiplin merupakan suatu teori yang tidak  dapat dijelaskan dengan mudah kepada peserta didik, disiplin dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik tergantung dengan bagaimana cara dalam memberikan pemahaman terhadap tingkah laku disiplin. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan batasan masalah penelitian pada (1) Sosialisasi tata tertib sekolah di SMAN 8 Banjarmasin (2) Penindakan terhadap pelanggaran tata tertib sekolah di SMAN 8 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana sosialisasi tata tertib sekolah pada peserta didik di SMAN 8 Banjarmasin, dan juga untuk menganalisis bagaimana penindakan yang dilakukan sekolah terhadap pelanggar tata tertib sekolah di SMAN 8 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan dengan cara memandang obyek kajian sebagai suatu sistem. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data primer sebagai sumber data utama dan dilengkapi dengan sumber data sekunder . Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta untuk analisis data, peneliti menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan penelitian. 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penegakan tata tertib di SMAN 8 Banjarmasin sebagai upaya pendisiplinan peserta didik sudah dilakukan semaksimal mungkin oleh pihak sekolah. Mulai dari mensosialisasikan tata tertib sekolah dengan cara langsung yaitu pada saat MPLS atau saat pidato guru di upacara bendera dan lain sebagainya, selain itu juga menggunakan cara tidak langsung yaitu tata tertib dijadikan sebuah buku sebagai pedoman peserta didik dan juga menempelkan tata tertib dikelas-kelas dan lain sebagainya. Selain itu juga melakukan penindakan pelanggaran dengan menggunakan teknik disiplin demokratis sebagai teknik penindakan pelanggaran tata tertib yang dimana SMAN 8 Banjarmasin memberikan penjelasan dan pemahaman terhadap peserta didik yang melanggar dengan memberi teguran terhadap peserta didik serta memberikan hukuman kepada yang melanggar tata tertib tersebut, hukuman yang diberikan juga dimaksudkan SMAN 8 Banjarmasin sebagai upaya menyadarkan, mengoreksi dan mendidik.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan dalam pemberian penghargaan sebaiknya sekolah memberikan hadiah dalam bentuk barang. Lalu, disarankan kepada peserta didik agar lebih mematuhi tata tertib sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI