DIGITAL LIBRARY



JUDUL: KARAKTER MAHASISWA PENERIMA BEASISWA KARYA SALEMBA EMPAT DI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:YULIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-17


ABSTRAK

Yuliana, 2021. Karakter Mahasiswa Penerima Beasiswa Karya Salemba Empat di  Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi Program Studi Pendidikan  Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan  Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas  Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Wahyu, (II) Fatimah.

Kata kunci: Karakter, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, anggota beasiswa karya salemba empat

Karya Salemba Empat merupakan salah satu beasiswa yang ada Di Universitas Negeri termasuk Universitas Lambung Mangkurat. Beasiswa Karya Salemba Empat adalah beasiswa dari hasil prestasi belajar mahasiswa, dalam beasiswa karya Salemba Empat anggota dituntut untuk dapat mempertahankan prestasi belajar agar tetap bertahan  mendapatkan beasiswa. Prestasi belajar dapat dilihat dari tiga karakter kewarganegaraan, disiplin, tanggung jawab dan kerja keras dalam belajar. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data di pilih secara Purposive Sampling dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisi dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) prestasi belajar dari Karakter Kewarganegaraan bersumber dari sikap disiplin (meliputi: mempertahankan Indeks Prestasi Komulatif, dalam pengerjaan tugas mengerjakan sesuai target yang ditentukan, bisa membagi waktu antara waktu belajar dengan mengikuti kegiatan luar perkuliahan, memilih waktu produktif dalam belajar); 2) prestasi belajar dari Karakter Kewarganegaraan bersumber dari sikap tanggung jawab  (meliputi:memiliki komitmen, memiliki jadwal belajar sendiri yang sudah diterapkan, menentukan target serta rentan waktu waktu yang sudah diterapkan serta memfokuskan dalam pengerjaan tugas; 3) prestasi belajar dari Karakter Kewarganegaraan bersumber dari sikap kerja keras (meliputi: belajar sungguhsungguh, menerapkan sikap disiplin, memotivasi diri sendiri, berkomitmen untuk meningkatkan prestasi belajar).

Saran dalam penelitian ini yaitu Sikap disiplin, tanggung jawab, dan kerja keras dalam prestasi belajar senantiasa dipegang teguh oleh para anggota beasiswa

Karya Salemba Empat sehingga mampu membentuk karakter watak kewarganegaraan yang baik. Selain itu sumber belajar hasil dari penelitian diharapkan dapat digunakan dan dikembangkan lagi dalam proses  belajar dan pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI