DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PELAKSANAAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DENGAN KARAKTER SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 6 BANJARMASIN
PENGARANG:RABIATUL ADAWIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-18


Rabiatul Adawiyah, 2021. Hubungan Pelaksanaan Sistem Full Day School dengan Karakter Siswa Kelas XI IPS di SMAN 6 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Fatimah, (II) Heru Puji Winarso.

Kata kunci: Full Day School, Karakter

Pelaksanaan sistem full day school merupakan salah satu gerakan dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sebagai alternatif solusi terhadap permasalahan yang tengah terjadi dalam dunia pendidikan.

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui pelaksanaan sistemfull day school di SMAN 6 Banjarmasin; 2) untuk mengetahui karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas siswa kelas XI IPS di SMAN 6 Banjarmasin; 3) untuk mengetahui hubungan pelaksanaan sistemfull day school dengan karakter siswa kelas XI IPS di SMAN 6 Banjarmasin.

            Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 6 Banjarmasin yang berjumlah 132 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 45,5% dari jumlah populasi yaitu berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan proportional random sampling . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik angket. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang pelaksanaan sistem full day school dan karakter siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis uji korelasional.

            Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa pelaksanaan sistem full day school di SMAN 6 Banjarmasin masuk pada kategori Baik. Hal ini berdasarkan hasil analisis deskriptif dengan persentase sebesar 83,27%. Karakter siswa kelas XI IPS di SMAN 6 Banjarmasin masuk pada kategori Baik. Hal ini berdasarkan hasil analisis deskriptif dengan persentase sebesar 84,16%. Terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan full day school dengan karakter siswa kelas XI IPS di SMAN 6 Banjarmasin. Hal ini dapat dilihat dari nilai rhitung sebesar 0,626 dengan tingkat hubungan pada kategori Kuat.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk meningkatkan pelaksanaan  sistem full day school di sekolah, diperlukan manajemen serta kerja sama yang bagus dari sekolah untuk menjalankan program-program pada sekolah full day school agar hasil yang didapat maksimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI