DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI LITERATUR PERKEMBANGAN KONSEP DAN PARADIGMA GEOGRAFI
PENGARANG:RAHMATINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-18


Rahmatina. 2021. Studi Literatur Perkembangan Konsep dan Paradigma Geografi. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Akhmad Munaya Rahman, M.Pd.

Upaya dalam mengartikan esensi lingkungan sekitarnya dapat dilakukan melalui pemahaman terhadap keharmonisan yang harus dibina dari hubungan manusia dengan alam melalui peran ilmu geografi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan karakteristik yang dimiliki oleh disiplin ilmu geografi berdasarkan tinjauan perkembangan definisi dan konsep keilmuan hingga perkembangan paradigma dalam memandang objek kajian geografi yakni manusia, tempat, dan lingkungan.

Metode penelitian yang digunakan dengan desain penelitian yaitu literatur review atau studi literatur atau pustaka dengan mengumpulkan berbagai literatur yang terkait kemudian di analisis untuk keperluan karya tulis ini. Strategi pencarian literatur jurnal ataupun buku-buku melalui penelusuran di internet ataupun di perpustakaan. Mekanisme penelusuran data digunakan untuk mencari kata kunci dari topik yang dicari. Bentuk narasi digunakan untuk mensintesis data dalam penelitian studi literatur dengan mengelompokkan data-data hasil ekstraksi sejenis sesuai dengan hasil untuk menjawab tujuan.

Hasil penelitian sebagai literatur bahan ajar materi perkuliahan “Ilmu Geografi dan Pendidikan IPS” yang berisikan deskripsi yaitu: 1) Proses perkembangan substansi geografi dapat ditinjau berdasarkan definisi para ahli, perkembangan, pemberian batasan yang menjadi objek kajian, hingga konsep-konsep dalam jati diri geografi sebagai suatu keilmuan, 2) Perkembangan paradigma geografi dalam memandang objek kajian manusia dan lingkungan serta keterkaitan interelasi keduanya dalam membentuk kesatuan ekosistem di bumi seperti adanya paradigma determinisme, posibilisme, dan probabilisme, serta adanya revolusi kuantitatif yang memberikan pengaruh dalam perkembangan geografi mutakhir, 3) Ilmu geografi sebagai bagian dalam pendidikan IPS yang diintegrasikan bersama dengan ilmu sosial lainnya memberikan kontribusi terhadap materi mata pelajaran IPS. Kontribusi ilmu geografi dalam muatan IPS SMP/Mts memuat penekanan tentang pentingnya ruang atau lokasi terhadap masalah yang dikaji dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Studi Literatur, Paradigma Geografi, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI