DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI CIVIC SKILLS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PESERTA DI BALAI LATIHAN KERJA KECAMATAN BATU MANDI KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:DYAH NOVITA PURNAMASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-18


Pentingnya implementasi civic skills tidak hanya untuk peserta didik di jenjang pendidikan formal tetapi juga non formal seperti penerapan civic skills untuk peserta di balai latihan kerja untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang mempuni baik dari life skills yang ia miliki dan kemudian di topang dengan kemampuan civic skills yang baik. Maka peneliti akan memfokuskan batasan masalah pada (1)Mengetahui bagaimana civic skillsditerapkan di balai latihan kerja Kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan  (2) Mengetahui hasil dari penerapan civic skillsdi balai latihan kerja di Kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan.

   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi civic skills dalam meningkatkan keterampilan peserta Balai Latihan Kerja Kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan dan Mengetahui hasil dari implementasi civic skills di balai latihan kerja di Kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif dengan metodepenelitian deskriptif. Pada penelitian ini, informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sumber data dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. 

            Hasil penelitian implementasi civic skills dalam meningkatkan keterampilan peserta balai latihan kerja adalah melalui metode diskusi atau dialog interaktif yang diperkuat dengan data ilmiah. Penerapan Civic Skills melalui metode pembelajaran diskusi di Balai Latihan Kerja dimaksudkan kepada aspek keterampilan peserta didik yang ada di Balai Latihan Kerja berupa keterampilan berdiskusi, berkomunikasi, dengan daya kritis sistematis terhadap materi yang kontekstual.

Berdasarkan hal tersebut, maka disarankan untuk para instruktur bisa menyesuaikan metode diskusi ini dengan merubah sekreatif mungkin tanpa menghilangkan dialog yang diperkuat dengan data dalam metode ini.

Kata Kunci: Implementasi, Civic Skills, Meningkatkan Keterampilan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI