DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERAKSI SOSIAL PEDAGANG PASAR TERAPUNG LOK BAINTAN DALAM PERSPEKTIF NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN
PENGARANG:NILAM CAHAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-18


ABSTRAK

Nilam Cahaya, 2020. Interaksi Sosial Pedagang Pasar Terapung Lok Baintan Dalam Perspektif Nilai-Nilai Kewarganegaraan. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Sarbaini, (II) Harpani Matnuh.

Kata Kunci : Interaksi Sosial, Pedagang, Nilai-Nilai Kewarganegaraan.

Pasar merupakan tempat antara pedagang dan pembeli bertemu untuk melakukan pertukaran atas barang dan jasa. Mayoritas pedagang di Pasar Terapung Lok Baintan merupakan perempuan. Aktivitas berdagang mereka menggunakan jukung (perahu dayung) yang saling berdekatan antara satu dengan yang lainnya di atas sungai dengan rapi. Para pedagang pun saling tolong menolong bahkan sebagian barang dagangan merupakan titipan dari masyarakat setempet. Para pedagang juga sangat bersahaja dalam berdagang dengan menggunakan pakaian seadanya yang merupakan ciri khas pedagang pasar terapung berbeda dengan pasar modern. Banyak nilai-nilai yang bisa diambil dari pedagang pasar terapung seperti nilai budaya dan nilai sosial yang sangat kental terlihat sehingga penelitian ini bertujuan untuk menggali interaksi sosial pedagang Pasar Terapung Lok Baintan dalam perspektif nilai-nilai kewarganegaraan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Proses interaksi yang berlangsung sesama pedagang di Pasar Terapung Lok Baintan adalah proses asosiatif, yakni bentuk kerjasama dan akomodasi. Bentuk kerja samanya antara lain masyarakat ikut memasok bahan dagangan kepada pedagang di Pasar Terapung Lok Baintan, tolong menolong dalam mengangkat dan mengambil barang dagangan dan perselisihan yang terjadi antar pedagang diselesaikan secara kekeluargaan; 2) Bentuk interaksi sosial yang terdapat pada pedagang Pasar Terapung Lok Baintan ada tujuh  yakni bekisahan, gotong royong, kerja sama, sistem barter, tolong menolong mengangkat barang dagangan, penyelesaian masalah secara kekeluargaan dan persaingan antar pedagang; 3) Nilai-nilai interaksi sosial pada pedagang Pasar Terapung Lok Baintan meliputi nilai kemandirian, nilai kerukunan, nilai kesepakatan, nilai tolong menolong, nilai gotong royong, nilai kekerabatan, nilai kesukarelaan, nilai kreatif, nilai peduli lingkungan dan nilai kejujuran. 

Saran dalam penelitian ini yaitu diharapkan interaksi sosial yang terjadi pada pedagang Pasar Terapung Lok Baintan tetap dipegang teguh oleh para pedagang dalam menghadapi berbagai masalah perubahan zaman. Selain itu untuk para pemerintah adanya pembinaan dan penyuluhan interaksi sosial yang berkarakter pada pedagang Pasar Terapung Lok Baintan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI