DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KRITIK SOSIAL DALAM WACANA STAND UP COMEDY JURU BICARA OLEH PANDJI PRAGIWAKSONO
PENGARANG:AHDIAR RAHMAT RUSBANI PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-18


RINGKASAN

 

Ahdiar Rahmat Rusbani Putra.2019. Kritik Sosial dalam Wacana Stand Up Comedy Juru Bicara oleh Pandji Pragiwaksono. Pembimbing (1) Prof. H. Rustam Effendi, M.Pd. Ph.D., (2) Prof. Dr. H. Jumadi, M.Pd.

 

Kata kunci: kritik sosial, wacana, stand up comedy.

 

Banjarmasin. Penelitian yang berjudul Kritik Sosial dalam Wacana Stand Up Comedy Juru Bicara oleh Pandji Pragiwaksono ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti akan humor khususnya stand up comedy yang digunakan sebagai media kritik akan masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) wujud kritik sosial dalam wacana stand up comedy Juru Bicara oleh Pandji Pragiwaksono; (2) konteks masalah yang dijadikan kritik sosial dalam wacana stand up comedy Juru Bicara oleh Pandji Pragiwaksono.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data didapat dari video stand up comedy Juru Bicara oleh Pandji Pragiwaksono dengan durasi total lebih dari 2 jam 53 menit. Kemudian dikumpulkan menggunakan kartu data, menganalisis data yang terkumpul dan terakhir menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data, dapat peneliti simpulkan bahwa di dalam wacana stand up comedy Juru Bicara oleh Pandji Pragiwaksono ditemukan delapan jenis kritik sosial berdasarkan teori yang digunakan dalam penelitian ini. Delapan jenis kritik sosial tersebut adalah (1) kritik sosial masalah kejahatan; (2) kritik sosial masalah generasi muda; (3) kritik sosial masalah pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat; (4) kritik sosial masalah lingkungan hidup; (5) kritik sosial masalah kemiskinan; (6) kritik sosial masalah disorganisasi keluarga; (7) kritik sosial masalah peperangan; (8) kritik sosial masalah kependudukan. Keseluruh kritik sosial yang ditemukan disampaikan secara lugas atau langsung dan juga secara tidak langsung atau tersirat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI