DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA APARATUR DESA DALAM PELAKSANAAN TUGAS ADMINISTRASI PEMERINTAHAN DESA DI DESA MELAYU TENGAH KECAMATAN MARTAPURA TIMUR
PENGARANG:HAIDAR ALI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-18


ABSTRAK

Haidar Ali, D1B114280, Kinerja Aparatur Desa Dalam Pelaksanaan Tugas Administrasi Pemerintahan Desa Di Desa Melayu Tengah Kecamatan Martapura Timur. Dibawah bimbingan Setia Budhi sebagai pembimbing I dan Samahuddin Muharram  selaku pembimbing II.

Penyelenggaraan pemerintahan desa merupakan subsistem dari sistem penyelenggaraan

pemerintahan nasional. Pemerintah desa merupakan salah-satu unsur penyelenggara pemerintahan ditingkat desa. Oleh sebab itu aparatur pemerintah desa diharapkan memiliki kinerja yang maksimal demitercapainya suatu pemerintahan yang baik. Tugas utama yang hakiki dari sosok aparatur, sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Kinerja aparatur desa tidak hanya soal melayani masyarakat tetapi juga dituntut kewajiban untuk tertib administrasi desa. Pelaksanaan tugas aministrasi desa sangat menentukan sejauh mana kinerja aparatur pemerintah desa dalam pelaksanaan kewenangan yang diembannya, yang dengan demikian akan menentukan sejauhmana negara telah menjalankan perannya dengan baik sesuai dengan tujuan pendiriannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja apartur desa dalam pelaksanaan tugas administrasi desa di Desa Melayu Tengah Kecamatan Martapura Timur.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu dengan melakukan penggalian data melalui wawancara dengan informan aparatur desa dan masyarakat desa serta melalui pengumpulan data dokumen dari instansi terkait.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa aparatur desa sudah memiliki pemahaman yang baik tentang administrasi pemerintahan desa. Pemahaman ini diikuti dengan adanya kemauaman aparatur untuk menyelenggarakan pemerintahan desa yang tertib administrasi. Aparatur Desa juga sudah memiliki keterampilan dan ketangkasan dalam pelaksanaan tugas administrasi desa serta aparatur desa sudah dinilai mampu untuk mepertanggungjawabkan buku buku administrasi desa kepada pihak kecamatan Martapura Timur. Kemampuan sumber daya manusia yang cukup, dan tersedianya sarana prasarana pengarsipan serta sistem komputerisasi pengolahan data administrasi desa merupakan faktor pendukung dalam terlaksananya administrasi desa di desa Melayu Tengah.

Adapun saran dan masukan yang penulis dapat berikan yaitu aparatur desa Melayu Tengah diharapkan mempunyai peran aktif dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam penyusunan administrasi pemerintahan desa.

 

Kata Kunci : Kinerja, Administrasi Pemerintahan Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI