DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Lambung Mangkurat Selama Masa Pandemi Covid-19
PENGARANG:NUR KHOLIPAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-19


 

COVID-19 cepat menyebar diseluruh dunia termasuk negara Indonesia. Hal ini berdampak terhadap berbagai bidang kehidupan masyarakat termasuk bidang pendidikan, sehingga pemerintah menerapkan kebijakan model belajar dalam jaringan atau disingkat daring (online) dari jenjang pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas penggunaan E-Learning  dalam proses pembelajaran daring terhadap jenis mata kuliah teori dan praktikum oleh Mahasiswa Pendidikan Geografi selama masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalahpenelitian survei pendekatan kuantitatif  dengan analisis data menggunakan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT). Hasil dari perhitungan menggunakan metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) terhadap studi kasus efektivitas belajar daring menggunakan E-Learning  di Program Studi Pendidikan Geografi FKIP ULM menghasilkan pilihan yang lebih objektif dengan penilaian mata kuliah Teori (0.32) sebagai penilaian tertinggi, disusul mata kuliah Praktikum (0.16). Hal ini berarti bahwa pembelajaran daring efektif untuk mata kuliah teori, sementara untuk Mata kuliah praktikum kurang efektif dilakukan secara daring dan lebih efektif jika dibarengi perkuliahan dengan tatap muka.

 

Kata kunci:efektivitas pembelajaran, E-Learning, pembelajaran daring.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI