DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DI DEPAN KELAS DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 21 BANJARMASIN
PENGARANG:ELLEN SETIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-19


                                                                                      ABSTRAK

Ellen Setiawan. 2021. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Depan Kelas dengan Teknik Role Playing dalam Layanan Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VII B di SMP Negeri 21 Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Nina Permatasari, S.Psi, M. Pd., (II) M. Andri Setiawan, M. Pd

Kata kunci : Kemampuan Berbicara di Depan Kelas, Siswa, Teknik Role Playing

       Kemampuan berbicara di depan kelas adalah keberhasilan penyampaian ide atau gagasan kepada orang lain sehingga dapat diterima oleh orang yang mendengarkan atau yang diajak berbicara. Kemampuan berbicara sangat penting dimiliki karena dengan berlatih berbicara di depan kelas dapat melatih keberanian dalam menyampaikan ide, pengetahuan, dan pengalaman kepada banyak orang atau guru mata pelajaran baik berbentuk pertanyaan maupun pernyataan dan jawaban.

       Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Rancangan penelitian menggunakan model John Elliot. Sampel berjumlah 6 dari populasi 154 orang siswa, dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap ( perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi).

       Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keberhasilan aktivitas peneliti dalam pelaksanaan teknik role playing untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan dari jumlah skor yang diperoleh. Pada aktivitas konselor mendapatkan skor 68 dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada aktivitas siswa memperoleh skor 90 dalam kategori sangat aktif dan mencapai indikator keberhasilan yaitu tepat memilih topik, menguasai materi, tujuan jelas, kontak dengan pendengar, kemampuan linguistik dan nonlingustik, dan terencana. Dari hasil data di atas maka dapat disimpulkan bahwa teknik role playing dapat meningkatkan kemampuan berbicara di depan kelas pada siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI