DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEETS PADA KONSEP PROTISTA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 7 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | RAUDATUL MISPA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-03-20 |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis liveworksheets pada konsep protista terhadap hasil belajar kognitif produk (2) pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis liveworksheets pada konsep protista terhadap hasil belajar kognitif proses (3)perbedaan penggunaan e-LKPD berbasis liveworksheets pada konsep protista terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA SMAN 7 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experiment dengan desain The Non-equivalent Control Group Design untuk hasil belajar kognitif dan Posttest-only Control Group Design untuk keterampilan berpikir kritis. Sampel penelitian adalah X MIPA 3 dan 4 yang masing-masing berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data untuk hasil belajar kognitif menggunakan uji Mann-Whitney dan untuk keterampilan berpikir kritis menggunakan uji Independent Samples Test. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar kognitif produk peserta didik (sig. 0,045), (2) terdapat pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar kognitif proses peserta didik (sig. 0,038), dan (3) terdapat perbedaan penggunaan e-LKPD berbasis liveworksheets terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik (sig. 0,001). Perlunya inovasi kembali terhadap e-LKPD liveworksheets, penilaian keterampilan berpikir kritis secara afektif dan psikomotorik serta merencanakan pengalokasian waktu dengan benar dan terencana.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI