DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN DILEMMAS STORIES DALAM PEMBELAJARAN KIMIA LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENGEMBANGKAN SUSTAINABILITY AWARENESS DAN KEMAMPUAN KOLABORASI PESERTA DIDIK DI SMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
PENGARANG:NAHRANIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-21


ABSTRAK

 

Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan dilemmas stories dalam pembelajaran kimia Larutan Penyangga untuk mengembangkan sustainability awareness dan kemampuan kolaborasi peserta didik di SMA tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kevalidan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan dilemmas stories dalam pembelajaran kimia larutan penyangga untuk mengembangkan sustainability awareness dan kemampuan kolaborasi peserta didik di SMA menurut validator, dan (2) kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan dilemmas stories dalam pembelajaran kimia larutan penyangga pada skala kecil (uji coba perorangan) ditinjau dari LKPD dan instrumen constructivist chemistry values learning environment survey (CCVLES). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D yang dimodifikasi menjadi 3D (define, design dan develop). Subjek penelitian adalah (1) subjek untuk validator perangkat pembelajaran berasal dari tiga orang Dosen Pendidikan Kimia FKIP ULM dan dua orang guru mata pelajaran kimia di SMA Negeri 1 Aluh-Aluh dan SMA PGRI 4 Banjarmasin serta (2) lima orang peserta didik di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Aluh-Aluh sebagai subjek uji coba perorangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi isi Aiken’s oleh ahli meliputi lembar cerita dilema, instrumen CCVLES, instrumen tes hasil belajar ranah pengetahuan, instrumen angket sustainability awareness dan instrumen kemampuan kolaborasi, serta hasil uji kepraktisan meliputi LKPD dan instrumen CCVLES dari peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis: (1) valid dengan rerata skor sebesar 0.93 dan (2) praktis ditinjau dari kemampuan peserta didik mengerjakan LKPD sebesar 92.3% (sangat baik) dan instrumen CCVLES sebesar 84.44% (sangat baik).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI