DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Video Pembelajaran Konsep Virus terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 3 Banjarmasin
PENGARANG:NADIA RAHMITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-22


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengaruh penggunaan video pembelajaran konsep virus terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 3 Banjarmasin. (2) mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok peserta didik yang belajar menggunakan video pembelajaran dan kelompok peserta didik yang belajar tidak menggunakan video pembelajaran di SMAN 3 Banjarmasin. Metode dengan rancangan quasi exsperiment yang akan digunakandesain nonequivalent control group design dan posttest only control group design dengan teknik pengambilan sample Cluster random sampling. Pengujian penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar menggunakan uji independent test dari Pre-Posttest, dan Uji mann-whitney untuk data yang tidak memenuhi syarat untuk melakukan uji t. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan video pembelajaran konsep virus berpengaruh signifikan 0,000 < 0,05 terhadap hasil belajar peserta didik dan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok kontrol dan juga kelompok eksperimen. Pada indikator analisis dan eksplanasi memiliki nilai Asmyp. Sig. < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kelas yang menggunakan video pembelajaran dan kelas yang tidak menggunakan video pembelajaran pada kedua indikator. Diharapkan dari hasil penelitian, penggunaan video pembelajaran tidak hanya digunakan pada materi virus saja tapi bisa diterapkan pada materi lainnya.

Kata kunci: Video pembelajaran, konsep virus, hasil belajar, keterampilan berpikir kritis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI