DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH 3 BANJARMASIN
PENGARANG:PUTRI AMINATUL ZAHRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-22


ABSTRAK

 

Putri Aminatul Zahra, 2020. Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dengan Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (I) Rabiatul Adawiah (II) Heru Puji Winarso

Kata Kunci : Intensitas, media sosial, instagram, sikap tanggung jawab

Intensitas penggunaan media sosial adalah bentuk perhatian dan ketertarikan yang dilakukan seseorang dalam menggunakan media sosial serta perasaan emosional dimana di dalamnya terlibat minat dan perhatian yang timbul ketika mengakses media sosial. Fenomena yang sekarang terjadi, yaitu cenderung kurangnya tanggung jawab siswa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar karena kemajuan teknologi komunikasi yang membuat siswa menjadi sibuk menghabiskan waktunya sendiri untuk berinteraksi dengan alat komunikasi seperti handphone (hp).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1) intensitas penggunaan media sosial instagram siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin, 2) sikap tanggung jawab siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin, 3) hubungan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan sikap tanggung jawab siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 241 siswa kelas XII di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin dengan sampel berjumlah 150 responden. Penetapan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis uji korelasi product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat intensitas penggunaan media sosial instagram berdasarkan rata-rata analisis persentase menunjukkan nilai sebesar 20.67% dalam kategori rendah, kemudian sikap tanggung jawab siswa berdasarkan rata-rata analisis persentase menunjukkan nilai sebesar 29.33% dalam kategori kurang, sedangkan korelasi intensitas penggunaan media sosial instagram dengan sikap tanggung jawab berdasarkan hasil uji statistik menggunakan korelasi Product Moment diperoleh nilai korelasi 0.449 ini termasuk dalam tingkat hubungan korelasi yang sedang atau cukup.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan siswa lebih selektif, berhati-hati dan bijak menggunakan media sosial khususnya instagram, agar terhindar dari pengaruh buruk kemajuan teknologi dan informasi. Selain itu, siswa hendaknya dapat mengatur intensitas penggunaan media sosial instagram agar tidak merubah sikap tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI