DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KUALITAS SOAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BERBASIS APLIKASI SPSS DAN PROGRAM ANBUSO DI SMPN 13 BANJARMASIN
PENGARANG:BELA KUSUMANINGRUM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-22


ABSTRAK

Bela Kusumaningrum. 2021. Analisis Kualitas Soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Penilaian Akhir Semester Tahun Pelajaran 2019/2020 Berbasis Aplikasi SPSS dan Program AnBuso di SMPN 13 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Rabiatul Adawiah, Pembimbing (II) Suroto.

Kata Kunci: Analisis Kualitas Soal, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Efektivitas Pengecoh.

Analisis kualitas soal merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap guru dengan tujuan untuk meningkatkan mutu soal yang telah dibuat, apakah soal tersebut dapat diterima, diperbaiki, atau tidak digunakan lagi karena terbukti secara empiris tidak berfungsi sama sekali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas butir soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Penilaian Akhir Semester ganjil kelas VII tahun pelajaran 2019/2020 di SMPN 13 Banjarmasin, yang ditinjau dari aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecohnya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan dua teknik pengumpulan data, yakni wawancara dengan bentuk wawancara tidak terstruktur yang tidak menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi dalam bentuk berkas soal Penilaian Akhir Semester, kunci jawaban, dan lembar jawaban peserta didik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah seluruh soal Penilaian Akhir Semester ganjil mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII yang berjumlah 50 soal. Sampel yang diambil sebanyak 117 peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 24 dan program AnBuso versi 8.0.

Dari hasil analisis dengan aplikasi SPSS versi 24 menghasilkan: validitas; 34 soal (68%) valid dan 16 soal (32%) tidak valid. Reliabilitas; 0,723 > 0,70 berarti reliabel. Kemudian dari hasil analisis dengan program AnBuso versi 8.0. menghasilkan: tingkat kesukaran; 5 soal (10%) mudah, 30 soal (60%) sedang, dan 15 soal (30%) sulit. Daya pembeda; 17 soal (34%) baik, 14 soal (28%) cukup baik, dan 19 soal (38%) tidak baik. Efektivitas pengecoh; 100% sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal Penilaian Akhir Semester Ganjil mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII tahun pelajaran 2019/2020 di SMPN 13 Banjarmasin, soal yang berkualitas “sangat baik” sebanyak 21 soal (42%), “baik” sebanyak 13 soal (6%), “cukup” sebanyak 2 soal (4%), dan “jelek”  sebanyak 14 soal (28%).

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar pendidik ketika membuat soal harus lebih memperhatikan butir soal yang telah dibuat memenuhi aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh dengan baik agar kualitas soal yang dihasilkan juga baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI