DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BUDAYA GOTONG ROYONG DI KELURAHAN ULU BENTENG KECAMATAN MARABAHAN
PENGARANG:TAUFIK KURRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-23


ABSTRAK

Taufik Kurrahman. 2020. Budaya Gotong Royong Di Kelurahan Ulu Benteng Kecamatan Marabahan. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Wahyu (II) Muhammad Elmy

Kata kunci : Budaya, Gotong Royong, Masyarakat.

Gotong royong adalah ciri khas dari masyarakat dan tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan di masyarakat. Namun melihat kondisi saat ini kebiasaan gotong  royong sudah mulai memudar karenamunculnya sikap individualis dan juga materialistis.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pergeseran budaya pemikiran atau gagasan tentang gotong royong di Kelurahan Ulu Benteng Kecamatan Marabahan, menganalisis pergeseran budaya aktivitas tentang gotong royong di Kelurahan Ulu Benteng Kecamatan Marabahan, dan menganalisis pergeseran budaya kebendaan atau materi tentang gotong royong di Kelurahan Ulu Benteng Kecamatan Marabahan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan dengan cara memandang objek kajian sebagai suatu sistem. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder sebagai sumber data utama. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh di analisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan penelitian.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Budaya pemikiran atau gagasan gotong royong di masyarakat Kelurahan Ulu benteng sudah mulai bergeserkan karena masyarakat sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak bisa ikut dalam bergotong royong. (2) Budaya aktivitas tentang gotong royong di masyarakat Kelurahan Ulu benteng masih ada, namun sudah mulai memudar dalam hal tertentu misalnya dalam mencari kayu bakar, menyiapkan makanan untuk perkawinan, dan membuat tenda saat ini jarang dilakukan karena masyarakat sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak bisa ikut dalam bergotong royongdimanamasyarakat lebih suka dengan hal yang parktis dan mengarah ke materi. (3) Budaya kebendaan atau materi tentang gotong royong di masyarakat Kelurahan Ulu benteng sudah terjadi persegeran yang ditandai dengan pemikiran masyarakat yang lebih meutamakan pekerjaan sehingga hanya memberikan uang yang mengarah ke material, dan juga adanya masyarakat yang individualis sehingga berpengaruh terhadap aktivitas gotong royong di masyarakat. Hal itu pula berdampak pada hasil karya dari gotong royong di masyarakat Kelurahan Ulu Benteng kecamatan Marabahan.

Saran dalam penelitian ini yaitu masyarakat harus tetap menjaga solidaritas antar sesama, menjaga rasa kekeluargaan, saling tolong menolong dan peka dengan keadaan sekitar sehingga sikap individualis dan materialis dapat berkurang di masyarakat. Peran pemerintah desa juga harus ditingkatkan dalam memupuk serta membina semangat gotong royong agar tidak memudar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI