DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERTEKSTUALITAS NOVEL “HUJAN BULAN JUNI” KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DENGAN FILM “HUJAN BULAN JUNI” KARYA RENI NURCAHYO HESTU SAPUTRA
PENGARANG:ADE FERIHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-23


ABSTRAK

Ferihan, Ade. 2020. Intertekstualitas Novel “Hujan Bulan Juni” Karya Sapardi Djoko Damono dengan Film “Hujan Bulan Juni” Karya Reni Nurcahyo Hestu Saputra. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. M. Rafiek, M.Pd. (II) Dr. Maria L.A.S., M.Pd.

Kata kunci: intertekstualitas sastra, novel, film

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan antara novel dengan film “Hujan Bulan Juni” serta mendeskripsikan. (1) Unsur intrinsik novel “Hujan Bulan Juni” Karya Sapardi Djoko Damono dan film “Hujan Bulan Juni” Sutradara Reni Nurcahyo Hestu Saputra beserta implikasinya terhadap pemaknaan, (2) intertekstualitas sastra meliputi persamaan dan perbedaan yang terdapat dalam unsur intrinsik novel dan film.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan intertekstualitas. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian: (a) material: novel “Hujan Bulan Juni” Karya Sapardi Djoko Damono dan film “Hujan Bulan Juni” Sutradara Reni Nurcahyo Hestu Saputra, (b) formal: unsur intrinsik. Fokus penelitian: tema, tokoh dan penokohan, alur, dan latar. Sumber data ialah novel dan film “Hujan Bulan Juni”. Instrumen penelitian penulis sendiri dan kartu pencatat data. Teknik pengumpulan data penelitian ini teknik simak dan catat. Teknik analisis data dengan teknik analisis isi dan teknik penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal.

Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa novel “Hujan Bulan Juni” Karya Sapardi Djoko Damono mengalami transformasi dan modifikasi pada bagian unsur intrinsik. Unsur intrinsik yang mengalami transformasi dan modifikasi pada film “Hujan Bulan Juni” Karya Reni Nurcahyo Hestu Saputra tersebut, yaitu: tema, tokoh dan penokohan, alur, dan latar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI