DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN (STUDI MULTI SITUS) SMKN 1 DAN SMKN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:AINUR RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-23


ABSTRAK

 

Rahmah, Ainur 2020. Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran  (Studi Multisitus SMKN 1 dan SMKN 4 Banjarmasin). Tesis Program Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D. (II) Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

 

Kata Kunci: Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran

 

          Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana penyusunan program peningkatan mutu pembelajaran di SMKN 1 Banjarmasin dan SMKN 4 Banjarmasin, (2) bagaimana pelaksanaan program peningkatan mutu pembelajaran di SMKN 1 Banjarmasin dan SMKN 4 Banjarmasin, dan (3) bagaimana evaluasi program peningkatan mutu pembelajaran di SMKN 1 Banjarmasin dan SMKN 4 Banjarmasin.

          Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian multisitus. Penelitian ini dilakukan dengan tiga (3) teknik pengumpulam data, yaitu: (1) wawancara mendalam, (2) Observasi, dan (3) dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan mengunakan model analisis data interaktif dari Miles dan Huberman, dengan tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan credibility, dependability, dan confirmability.

          Hasil penelitian dari tesis ini menunjukkan bahwa: (1) penyusunan program yang dikembangkan pada SMKN 1 Banjarmasin dan SMKN 4 Banjarmasin dilakukan pada setiap awal tahun ajaran dengan mengadakan rapat bersama warga sekolah dan ketua komite untuk merancang program peningkatan mutu pembelajaran serta selalu melakukan perbaikan pada perencanaan program untuk setiap tahun secara berkesinambungan, (2) pada tataran pelaksanaan yaitu; (a) melakukan kerjasama dengan warga sekolah, (b) selalu disiplin dalam proses pembelajaran, (c) mengembangkan keahlian dan keterampilan siswa, (d) memberikan pelajaran yang terbaik bagi siswa, serta (e) menjalin hubungan yang harmonis antara guru, orang tua peserta didik dan peserta didik, dan (3) evaluasi program peningkatan mutu pembelajaran yaitu dengan melakukan beberapa hal: (a) kerjasama dengan orang tua peserta didik (co parenting), (b) pengawasan perkembangan belajar siswa, (c) home visit (kunjungan rumah) sehingga guru dapat mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan siswa di rumah begitu juga dengan orang tua siswa dapat mengetahui kegiatan putra-putri mereka di sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Rahmah, Ainur 2020. Management of Learning Quality Improvement (Multisite Study of SMKN 1 and SMKN 4 Banjarmasin). Thesis of Educational Management Master Program, Graduate Program, Lambung Mangkurat University, Banjarmasin. Advisor: (I) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D. (II) Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

 

Keywords: Learning Quality Improvement Management

 

This study aims to describe (1) how to prepare a program for improving the quality of learning at SMKN 1 Banjarmasin and SMKN 4 Banjarmasin, (2) how to implement a program for improving the quality of learning at SMKN 1 Banjarmasin and SMKN 4 Banjarmasin, and (3) how to evaluate program for improving the quality of learning at SMKN 1 Banjarmasin and SMKN 4 Banjarmasin.

This study used a qualitative approach with a multisite research design. This research was conducted with three (3) data collection techniques, namely: (1) in-depth interviews, (2) observation, and (3) documentation. This study was analyzed using an interactive data analysis model from Miles and Huberman, with the following stages: data collection, data reduction, presentation and drawing conclusions and checking the validity of the findings using credibility, dependability, and confirmability.

The research results of this research show that: (1) the compilation of programs developed at SMKN 1 Banjarmasin and SMKN 4 Banjarmasin which is arranged at the beginning of each academic year by holding meetings with school members and committee heads to design a program for improving the quality of learning and always make improvements to program planning for each year on an ongoing basis, (2) at the implementation level, namely; (a) collaborating with school members, (b) always being disciplined in the learning process, (c) developing student skills and skills, (d) providing the best lessons for students, and (e) establishing a harmonious relationship between teachers and parents students and students, and (3) evaluation for the program of improving the quality of learning, namely by doing several things: (a) collaborating with parents of students (co parenting), (b) monitoring student learning development, (c) home visit, so that teachers can find out what activities students are doing at home as well as parents of students can find out about their children's activities at school.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI