DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI LITERATUR PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
PENGARANG:MARIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-23


Konsep Dasar IPS merupakan satu diantara mata kuliah yang terdapat di Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. Mata kuliah Konsep Dasar IPS terletak di semester I dan disajikan dalam 16 pertemuan. Materi yang diajarkan pada mata kuliah Konsep Dasar IPS yaitu mempelajari tentang definisi Pendidikan IPS hingga perkembangan Pendidikan IPS di Negara Amerika dan Indonesia.

Tujuan dari penelitian ini dirumuskan dengan bagian yakni: 1) Mendeskripsikan definisi Pendidikan IPS, 2) Mendeskripsikan tujuan Pendidikan IPS, 3) Standar Tema Materi IPS menurut NCSS, 4) Peran ilmu sosial dalam kajian Pendidikan IPS, 5) Latar historis Pendidikan IPS, 6) Landasan filosofis Pendidikan IPS, dan 7) Perkembangan Pendidikan IPS di negara Amerika dan Indonesia.

Studi literatur digunakan untuk melakukan eksplorasi atau mendeskripsikan Pendidikan IPS dengan memanfaatkan 75 sumber. Klasifikasi sumbernya seperti: jurnal, ebook, dan buku. Penelusuran data/jurnal/ebook ini dilakukan oleh peneliti pada bulan Agustus sampai dengan bulan Desember. Peneliti melakukan penelusuran atau pencarian data melalui google scholar.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Pendidikan IPS didefinisikan oleh beberapa para ahli sebagai suatu pandangan yang didalamnya terdapat pembelajaran. 2) Tujuan Pendidikan IPS menurut beberapa para ahli yaitu agar peserta didik memperoleh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dapat berguna di masyarakat. 3) Standar tema materi IPS menurut NCSS yaitu budaya dan keragaman budaya, waktu keberlanjutan dan perubahan, manusia tempat dan lingkungan, perkembangan individu dan identitas, individu masyarakat dan institusi, kekuasaan kewenangan dan pemerintahan, produksi distribusi dan konsumsi, sains teknologi dan masyarakat, koneksi global, cita-cita dan praktik kewarganegaraan. 4) Peran ilmu sosial dalam kajian Pendidikan IPS yaitu pada hakikatnya tujuan pendidikan IPS di Indonesia menekankan pada pengetahuan bangsanya, dalam aktivitas masyarakat di bidang ekonomi dengan ruang. Ilmu sosial tersebut seperti: ilmu Sejarah, Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi.  5) Latar historis Pendidikan IPS yaitu kehadiran IPS tahun 1970-an di tengah-tengah dunia pendidikan, yang dipengaruhi oleh gerakan pembaharuan pendidikan di Amerika Serikat. 6) Landasan filosofis Pendidikan IPS yaitu filsafat perenialisme, filsafat esensialisme, filsafat progresivisme, dan filsafat rekonstruktivisme. 7) Perkembangan Pendidikan IPS di negara Amerika dan Indonesia. 

Kata Kunci: Konsep Dasar IPS,  Pendidikan IPS, Studi Literatur

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI