DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI LITERATUR PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR (SD) DAN MENENGAH PERTAMA (SMP) UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN ABAD 21
PENGARANG:ASLAMIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-23


Konsep dasar IPS merupakan mata kuliah yang mendeskripsikan mengenai dasar-dasar IPS secara keseluruhan. Kendala perkuliahan konsep dasar IPS adalah belum adanya buku ajar Konsep Dasar IPS sebagai pedoman dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan, materi dipelajari secara acak dengan menggunakan buku referensi. Tujuan penelitian: Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (SD) dan Menengah Pertama (SMP)untuk Menghadapi Tantangan Abad 21.

Desain penelitian studi literatur digunakan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan penelitian ini. Penelitian studi literatur dilakukan dengan cara merangkum dan mereview beberapa penelitian untuk menginterpretasikan penelitian ini dengan memanfaatkan berbagai sumber, terdiri dari beberapa klasifikasi sumber, seperti Jurnal ilmiah, Buku/Ebook, serta Undang-Undang.

Hasil Penelitian: 1) Pendidikan IPS pada abad 21 adalah pembaharuan kurikulum pendidikan IPS sejalan kebutuhan perkembangan zaman dengan pengembangan keterampilan abad 21 pada peserta didik. Keterkaitan pendidikan IPS dengan keterampilan abad 21 adalah dilihat dari tujuan pendidikan IPS yakni menuntut adanya pengembangan kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan sosial, dan mampu mengatasi suatu permasalahan baik yang terjadi pada dirinya sendiri maupun masyarakat. 2) Pelaksanaan pendidikan IPS pada jenjang pendidikan SD Abad 21 disajikan dalam bentuk pembelajaran tematik-integratif. 3) Pelaksanaan pendidikan IPS pada jenjang pendidikan SMP Abad 21 diformulasikan sebagai mata pelajaran yang sifatnya terpadu (integrated) dari sejumlah mata pelajaran yakni sejarah, geografi, ekonomi dan mata pelajaran sosial lainnya 4) Karakteristik Pembelajaran IPS Powerful yakni bermakna, integratif, berbasis nilai, menantang, dan mengaktifkan peserta didik belajar. 5) Permasalahan pembelajaran IPS secara umum :guru mengalami kesulitan dalam menerapkan kurikulum 2013, materi pembelajaran IPS belum menunjukkan keterpaduan sebuah tema, dan guru IPS sebagian besar tidak memiliki latar belakang pendidikan IPS secara utuh.

 

Kata kunci: Pendidikan, Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI