DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Panting di MTsN 2 Banjar
PENGARANG:ZAINAL HAKIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-23


ABSTRAK

 

 

Hakim, Zainal. 2020. Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Panting di MTsN 2 Banjar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sendratasik, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Wisnu Subroto, S.S, M.A, pembimbing (II) Benny Mahendra, M.Pd.

Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Panting

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran ekspositori (SPE) musik panting pada kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di MTsN 2 Banjar. Fokus permasalahan ditunjukkan pada proses pelaksanaan pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler musik panting di MTsN 2 Banjar yang ditinjau dari aspek penyiapan materi pembelajaran ekstrakurikuler musik panting, pembelajaran praktik ekstrakurikuler musik panting, evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler musik panting. Penelitian ini merupakan penelitian action research. Subyek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler musik panting di MTsN 2 Banjar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat bantu yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa catatan lapangan dan kamera digital untuk memotret dan video kegiatan ekstrakurikuler musik panting. Data dianalisis dengan teknik observasi, setelah itu data disajikan dan yang terakhir adalah menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil penelitian mengenai strategi pembelajaran ekspositori (SPE) pada kegiatan ekstrakurikuler musik panting di MTsN 2 Banjar menunjukkan bahwa strategi ini dapat kembangkan dan ditetapkan pada kegiatan ekstrakurikuler musik panting di MTsN 2 Banjar. Materi pembelajaran ekstrakurikuler musik panting berlangsung dengan pembelajaran teori dan praktik berupa dasar-dasar bermain musik panting serta bermain sebuah lagu yang telah ditentukan oleh pelatih, strategi yang digunakan dalam melatih siswa bermain musik panting yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori (SPE) dan melalui metode demonstrasi, metode drill dan metode ceramah. Evaluasi pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler musik panting difokuskan pada kemampuan siswa dalam menguasai teknik permainan, materi, dan penampilan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI