DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI LITERATUR ANALISI MATERI KELAS VII TINDAKAN, MOTIF DAN PRINSIP EKONOMI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN
PENGARANG:RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-23


Buku teks memiliki peranan yang penting dalam pembelajaran sebagai penunjang dalam pembelajaran di kelas. Kualitas dari buku teks dijadikan sebagai sumber pembelajaran yang menentukan hasil pencapaian dari tujuan pembelajaran. Materi yang disajikan dalam buku teks haruslah mencerminkan penjelasan yang mendukung pada ketercapaian kompetensi dasar. Cakupan materi tindakan, motif dan prinsip ekonomi dinilai cukup dengan adanya konsep-konsep sederhana, namun masih dapat ditambah dengan konsep yang lebih mendalam agar menambah wawasan peserta didik. Buku teks yang digunakan dalam pembelajaran dibuat dan disesuaikan berdasarkan dengan kebutuhan dan karakteristik dari materi yang telah ditentukan.

Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan materi tindakan, motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhan. 2) Mendeskripsikan materi tindakan, motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhan dan kompetensi dasar. Studi literatur digunakan untuk mendeskripsikan penelitian ini dengan menggunakan sumber dari jurnal, buku ataupun ebook dan tugas akhir yang sesuai dengan masalah yang dimuat.

Hasil penelitian: 1) Materi tindakan, motif dan prinsip ekonomi merupakan materi yang berkaitan satu sama lain. Tindakan ekonomi adalah dasar perilaku dalam melakukan kegiatan ekonomi yang didorong oleh motif ekonomi dan berpedoman pada prinsip ekonomi. Kebutuhan manusia yang tidak terbatas menyebabkan manusia harus memilih dan menggunakan sumber daya yang ada dengan selektif serta memenuhi kebutuhan yang memang harus dipenuhi terlebih dahulu. 2) Materi materi tindakan, motif dan prinsip ekonomi, dan materi kebutuhan manusia sudah sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Namun, materi yang disajikan pada buku teks hanya memuat sedikit konsep sehingga materi perlu digali lebih mendalam lagi dengan cara guru harus menggunakan buku referensi atau literatur-literatur lain guna menunjang penyampain materi yang mendalam kepada peserta didik serta guru harus dapat menggunakan model atau metode pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara langsung agar peserta didik dapat aktif selama pembelajaran serta memahami dan menggunakan konsep yang dipelajari.

 

Kata Kunci: Buku Teks, Materi, Kompetensi Dasar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI