DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI LITERATUR RELEVANSI MATERI IPS SD PADA KURIKULUM 2013
PENGARANG:SONIA APRILIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-23


ABSTRAK

Sonia Apriliani, 2020. Studi Literatur Relevansi Materi IPS SD Pada Kurikulum 2013.Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: Dra. Hj. Rochgiyanti, M.Si, M.Pd.

Kajian Kurikulum Pembelajaran IPS di SD merupakan mata kuliah wajib yang diajarkan pada program studi Pendidikan IPS Universitas Lambung Mangkurat. Mata kuliah ini disajikan ke dalam 16x pertemuan sebagai materi capaian belajar. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan mata kuliah ini yaitu belum adanya buku ajar sehingga mengakibatkan dosen dan mahasiswa kesulitan dalam mencari sumber yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui deskripsi kurikulum hingga relevansi materi IPS SD kurikulum 2013.

Metode yang digunakan adalah metode naratif dengan mendeskripsikan hasil penelitian. Desain penelitian menggunakan studi literatur atau tinjauan pustaka. Strategi pencarian literatur menggunakan strategi atau trik penelusuran artikel. Mekanisme penelusuran data dengan menggunakan kata kunci dari tujuh rumusan masalah. Sintesis data dari studi literatur ini dengan mengelompokkan data-data hasil ekstraksi yang sejenis sesuai dengan hasil yang diukur untuk menjawab tujuan.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, kompetensi dasar, materi standar, dan hasil belajar, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dan tujuan pendidikan. 2) kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial terus berganti dari kurikulum tahun 1964 hingga sekarang, hal tersebut dikarenakan zaman yang terus-menerus berkembang dan mengalami kemajuan. 3) karakteristik IPS merupakan gabungan dari unsur-unsur geografi, sejarah, ekonomi, hukum dan politik, kewarganegaraan, sosiologi, bahkan juga bidang humaniora, pendidikan dan agama. 4) Perbedaan KTSP dan Kurikulum 2013 pembelajaran IPS di SD yaitu terletak pada strategi pembelajarannya. 5) Standar Isi mata pelajaran IPS menggunakan tema yang terpadu dari berbagai disiplin ilmu dalam rumpun IPS. 6). Dinamika perubahan kurikulum IPS dari KTSP ke Kurikulum 2013 yaitu pada kurikulum lama materi disajikan secara terpisah sedangkan pada kurikulum baru materi disajikan terpadu.  7) materi IPS SD kurikulum 2013 SD/MI pengorganisasian materi mata pelajaran IPS menganut pendekatan terpadu.

Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Kurikulum 2013, Sekolah Dasar, Studi Literatur

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI