DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI LITERATUR KESESUAIAN MATERI PELAJARAN IPS TENTANG MASA DEMOKRASI PARLEMENTER 1950-1959
PENGARANG:DEVITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-24


Abstrak

Devita Sari. 2020. Studi Literatur Kesesuaian Materi Pembelajaran IPS Tentang Masa Demokrasi Parlementer 1950-1959. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M. Hum dan Pembimbing II: Heri Susanto, M. Pd.

Materi pembelajaran Masa Demokrasi Parlementer 1950-1959 ada pada buku teks yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kurikulum 2013 revisi 2018. Materi pembelajaran tidak hanya terpaku pada buku teks, namun perlu adanya pengembangan materi pembelajaran, agar nantinya materi yang disampaikan beragaman serta sesuai krakteristik dan kebutuhan peserta didik. Buku ini idealnya disusun berdasarkan kesesuain dengan Kompetensi Dasar. Aspek yang akan dicapai oleh peserta didik melalui pembelajar IPS tidak hanya meliputi aspek pengetahuan namun harus seimbang dengan aspek keterampilan. Pentingnya kesesuaian materi pembelajaran IPS dengan Kompetensi Dasar agar materi yang akan diberikan oleh guru meliputi ketiga aspek penting yaitu sikap, pengetahuan serta keterampilah, sehingga pembelajaran dapat terlaksana dan tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut.

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memberikan penambahan terhadap materi pembelajaran yang dirasa kurang terpenuhi, serta memberikan analisis terhadap kesesuaian materi dengan kompetensi dasar, sehingga materi pembelajaran yang diberikan dapat tersampaikan secara terstruktur. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah studi literatur, yaitu mengumpulkan buku, jurnal dan pustaka lainnya yang relevan. Pencarian data dilakukan dengan menggunakan mesin pencarian seperti google scholar dan ebook dengan menggunakan kata kunci yang tepat.

Hasil penelitian: 1) Materi pembelajaran yang disajikan dalam buku memerlukan penambahan dan pengembangan, sebagai materi pembelajaran yang mampu merangsang daya pikir dan nalar peserta didik. Pengembangan materi pembelajaran dilakukan dengan menambah materi menggunakan referensi lain yang sesuai dengan karakteristik serta kebutuhan dari masing-masing peserta didik. 2) Kompetensi dasar merupakan kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik. Materi pembelajaran yang tersaji sudah sesuai dengan kompetensi dasar 3.4 dan kompetensi dasar 4.4, sehingga materi tersebut layak untuk diajarkan kepada peserta didik.

 

Kata Kunci: Materi Pembelajaran, Demokrasi Parlementer, Kompetensi Dasar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI