DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMA NEGERI 11 BANJARMASIN
PENGARANG:AYATULLAH HUMAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-24


ABSTRAK

Humaini, Ayatullah. 2020.  Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMA Negeri 11 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Sendratasik, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Tutung Nurdiyana, S.Sos, M.A, M.Pd. Pembimbing (II) Sumasno Hadi, S.Pd, M.Phil.

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan proses pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler yang di laksanakan di SMA Negeri 11 Banjarmasin yang ditinjau dari aspek penyiapan materi pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pelatih ekstrakurikuler paduan suara dan siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 11 Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat bantu yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa kamera digital untuk memotret dan video kegiatan ekstrakurikuler proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, setelah itu data disajikan dan yang terakhir adalah menarik kesimpulan.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa: Strategi pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 11 Banjarmasin dilakukan dengan strategi pembelajaran langsung dan interaktif. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran berpusat pada pelatih paduan suara, tetapi tetap melibatkan siswa ekstrakurikuler sebagai subjek belajar. Dengan adanya banyak faktor pendukung seperti sosial dan non sosial, faktor bakat, minat dan perhatian, motif, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan faktor kesehatan maka strategi pembelajaran paduan suara dalam ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 11 Banjarmasin berjalan dengan baik dan sesuai tujuan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI