DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERENCANAAN JEMBATAN PILE SLAB BUKIT RAWI (STA 3+075 – STA 3+100) RUAS JALAN PALANGKARAYA – BUNTOK, KECAMATAN KAHAYAN TENGAH, KABUPATEN PULANG PISAU, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:AMBAR SUNDARINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-24


Jembatan Pile Slab Bukit Rawi terletak di ruas jalan Palangkaraya – Buntok, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah. Dari data penyelidikan tanah yang ada dapat diketahui bahwa konstruksi jalan berada di atas tanah gambut dan rawa dengan ketebalan gambut 6-10 meter. Dengan sifat tanah gambut yang mempunyai permeabilitas yang tinggi maka hal tersebut membuat potensi besar tanah di ruas jalan Palangkaraya – Buntok pada daerah Bukit Rawi menjadi tidak stabil. Ketidakstabilan tanah ini mengakibatkan trase jalan mengalami penurunan yang akhirnya membuat jalan sering terendam banjir saat debit Sungai Kahayan tinggi. Sebagai solusi untuk penanganan banjir tersebut, maka diperlukan peninggian jalan. Dipilihlah konstruksi jembatan pile slab ini sebagai pilihan yang tepat untuk mengakomodir keadaan alam yang ada di sekitar sekaligus karena konstruksi pile slab menjadi pilihan yang paling ekonomis, mudah dilaksanakan dan dapat menompang beban-beban pada struktur atasnya.

            Metodologi yang digunakan dalam perencanaan struktur atas mengacu pada SNI 1725:2016 tentang Standar Pembebanan Untuk Jembatan. Sedangkan dalam perencanaan struktur bawah  metodologi dalam perencanaan abutment menggunakan jenis beton bertulang. Perencanaan daya dukung pondasi menggunakan metode Meyerhoft dengan effisiensi tiang menggunakan persamaan converse-labarre formula.

            Dari hasil perhitungan pada struktur atas didapatkan desain jembatan dengan bentang 25 m dengan lebar total jembatan 9 m. pada pelat lantai didapatkan desai pelat lantai jembatan setebal 25 cm dengan menggunakan beton mutu fc’ 30 Mpa. Spesifikasi mutu baja yang digunakan sebagai tulangan adalah BjTS 420A dan BjTP 280. Sedangkan pada struktur bawah didapatkan desain abutment dengan tinggi 275 cm, lebar 220 cm dan panjang 1000 cm, digunakan beton dengan mutu fc’ 30 Mpa. Pada pondasi digunakan tiang pancang spunpile diameter 50 cm kedalaman 30 m sebanyak 10 buah tiang. Didapat Qizin = 58,948 ton > Qkerja = 53,163 ton sehingga pondasi dinyatakan aman. Rencana anggaran biaya untuk pembangunan jembatan Pile Slab Bukit Rawi (1 segmen) adalah sebesar Rp2.622.272.000,00.

 

Kata Kunci : Jembatan, Pile Slab, Abutment Spun Pile

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI