DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK BERBAHASA (MENCERITAKAN ISI GAMBAR YANG DISEDIAKAN OLEH GURU) DENGAN METODE BERCERITA MELALUI SENTRA BAHAN ALAM DI KELOMPOK B TK AL-FURQAN BANJARMASIN SELATAN
PENGARANG:HJ. NOOR RIDHAHAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-30


 

ABSTRAK

Hj. Noor Ridha Hayati, 2020. Upaya Mengembangkan Aspek Berbahasa (Menceritakan Isi Gambar yang disediakan Oleh Guru) dengan Metode Bercerita Melalui Sentra Bahan Alam di Kelompok B TK Al Furqan Banjarmasin Selatan”,  

Kata Kunci: Bahasa, Bercerita, Menceritakan Isi Gambar, Sentra Bahan Alam.

Kemampuan berbahasa anak di TK Al Furqan Banjarmasin masih belum berkembang sesuai harapan, Khususnya dalam  menceritakan isi gambar  . Hal ini dapat dilihat dari 15 orang anak yang berada di kelompok B TK Al Furqan Banjarmasin Selatan, hanya 40 % anak yang mampu menceritakan isi gambar yang telah di sediakan oleh guru. Hal ini disebabkan karena kurang interaktifnya anak pada saat proses pembelajaran, dan tidak adanya media pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu diperlukan strategi untuk menerapkan  pola belajar anak agar dapat terlibat  dan berperan aktif secara langsung dalam proses pembelajaran menceritakan isi gambar yang disediakan guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan bahasa dengan menggunakan metode bercerita di Sentra Bahan Alampada anak kelompok B di TK Al Furqan Banjarmasin Selatan.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi Penelitian di TK Al Furqan Banjarmasin Selatan. Pengumpulan data menggunakan observasi terhadap aktivitas  guru dan siswa yang dilaksanakan dalam dua  siklus. Aktivitas anak Data yang dikumpulkan dianalisis dengan cara merefleksi yaitu mengetahui sejauh mana keberhasilan anak dalam perkembangan bahasa yang kemudian akan dijadikan acuan untuk melakukan siklus selanjutnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan perkembangan aspek bahasa anak dalam menceritakan isi gambar yang disediakan guru melalui metode bercerita di sentra bahan alam. Dilihat dari aktivitas guru setiap pertemuan mengalami perbaikan, dari siklus I ke siklus II hingga mencapai kriteria sangat baik, begitu pula aktivitas anak mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II hingga mencapai kriteria sangat aktif (SA). Dan pada hasil perkembangan aspek bahasa pada siklus I ke siklus II meningkat hingga mencapai berkembang dengan sangat baik (BSB) dengan bintang 4 (****).

Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bercerita di sentra bahan alam dapat mengembangkan aspek bahasa dalam menceritakan isi gambar yang disediakan guru di sentra bahan alam pada kelompok B TK Al Furqan Banjarmasin Selatan, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan anak pada aspek bahasa khususnya menceritakan kembali isi gambar yang disediakan guru. Dan hendaknya metode bercerita melalui sentra bahan alam  agar mampu mengoptimalkan dapat dijdikan alternatif strategi dalam pembelajaran untuk pengembangan kemampuan berbahasa anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI