DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM SPANDUK DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:RIFQI FADHLI RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-30


ABSTRAK

Ramadhan, Rifqi Fadhli. 2020. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Spanduk di Kecamatan Banjarmasin Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Jumadi, M.Pd.; (2) Faradina, M.Pd.

Kata kunci: kesalahan berbahasa, kata, kalimat, ejaan, spanduk

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan kata, kesalahanpenggunaan kalimat, dan kesalahanpenggunaan ejaan pada spanduk di Kecamatan Banjarmasin Utara. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data berupa spanduk yang jumlahnya 50.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan kata meliputi Kesalahan pembentukan kata, penulisan kata tidak baku, dan penulisan unsur serapan yang salah. Kesalahan penggunaan kalimat terdapat kalimat yang tidak efektif. Kesalahan ejaan meliputi kesalahan penggunaan tanda baca, penyingkatan kata-kata.

Sehubungan dengan hasil penelitian itu, ada beberapa saran yang dikemukakan peneliti, antara lain, untuk pihak pembuat spanduk lebih cermat dalam menggunakan kata, membuat kalimat, dan menggunakan ejaan agar pesan pada spanduk mudah dipahami. Pihak terkait seperti perguruan tinggi dan balai bahasa perlu mengadakan penyuluhan tentang penggunaan bahasa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI