DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi pada BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)
PENGARANG:TAUFIK RAJAB
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-30


Taufik Rajab, 1610412110023, (2020), Pengaruh Mekanisme Tata Kelola Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). Di bawah bimbingan Fitriyadi dan Hairudinor.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Mekanisme Tata Kelola Perusahaan (Jumlah Rapat Dewan Komisaris, Independensi Dewan Komisaris, Jumlah Rapat Komite Audit, Jumlah Rapat Direksi) Terhadap Kinerja Keuangan (Return on Equity/ROE) Perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018.

            Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif kausal. Sampel penelitian ini adalah laporan tahunan (annual report) perusahaan BUMN periode 2016, 2017, dan 2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.

            Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial Jumlah Rapat Dewan Komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap ROE, tetapi memberikan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 4,30%. Independensi Dewan Komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap ROE, tetapi memberikan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 6,20%. Jumlah Rapat Komite Audit tidak berpengaruh signifikan terhadap ROE, tetapi memberikan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 2,64%. Jumlah Rapat Direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap ROE, tetapi memberikan Sumbangan Efektif (SE)  7,67%. Secara simultan Jumlah Rapat Dewan Komisaris, Independensi Dewan Komisaris, Jumlah Rapat Komite Audit dan Jumlah Rapat Direksi berpengaruh positif signifikan  terhadap ROE dan memberikan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 20,80%.

 

Kata Kunci : Mekanisme Tata Kelola Perusahaan, Jumlah Rapat Dewan Komisaris, Indepensi Dewan Komisaris, Jumlah Rapat Komite Audit, Jumlah Rapat Direksi, Kinerja Keuangan, Return on Equity (ROE)

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI