DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN RPP MATEMATIKA KELAS VII SMP DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT BERMUATAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN KOMUNIKATIF
PENGARANG:KRISTIN JULI SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-30


PENGEMBANGAN RPP MATEMATIKA KELAS VII SMP DENGAN MENERAPKAN MODEL NHT BERMUATAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN KOMUNIKATIF

(Oleh : Kristin Juli Saputri; pembimbing: Chairil Faif Pasani, Rizki Amalia; 2021; 56 halaman ).

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan karakter yang dimiliki setiap siswa khususnya ketika mengikuti pembelajaran di kelas pada mata pelajaran matematika. Karakter merupakan aspek terpenting dalam diri seseorang yang dapat menggambarkan jati diri orang tersebut. Karakter rasa ingin tahu dan komunikatif diperlukan bagi siswa termasuk saat belajar matematika. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT cukup menarik dan diharapkan dapat mengembangkan karakter rasa ingin tahu dan komunikatif siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan Rencana Pembelajaran (RPP) Matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT bermuatan karakter rasa ingin tahu dan komunikatif bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII yang validagar dapat digunakan sebagai sumber belajar.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Plompyang terdiri atas fase investigasi awal, fase perancangan, fase realisasi/konstruksi, fase tes, evaluasi, dan revisi. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap uji validasi. Pada fase tes, evaluasi, dan revisi dilakukan uji validasi atau uji kelayakan RPP oleh tiga orang validator ahli dengan hasil uji menyatakan bahwa RPP yang dikembangkan berada pada kategori valid. Sehingga dapat diperoleh RPP kelas VII SMP dengan menerapkan model NHT bermuatan karakter rasa ingin tahu dan komunikatif yang valid.

Kata kunci: pengembangan, RPP, NHT, rasa ingin tahu, komunikatif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI