DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Bahan Ajar Listrik Arus Searah Menggunakan Pendekatan Kontekstual dengan Model Penemuan Terbimbing pada Peserta Didik Kelas X SMK
PENGARANG:NURAIDAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-30


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar listrik arus searah menggunakan pendekatan kontekstual dengan model penemuan terbimbing yang valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam  proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba adalah 30 orang peserta didik kelas X SMK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar validasi bahan ajar dan lembar angket keterbacaan peserta didik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validitas RPP, materi ajar, LKPD dan THB dalam kategori baik; (2) Kepraktisan materi ajar, LKPD dan THB dilihat dari angket keterbacaan peserta didik berkategori praktis. Diperoleh simpulan bahwa bahan ajar fisika menggunakan pendekatan kontekstual dengan model penemuan terbimbing layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya sebaiknya mengembangkan bahan ajar dengan materi lain dan dalam bentuk bahan ajar elektronik dan lakukan uji efektivitas pada bahan ajar karena penelitian ini hanya sampai uji coba terbatas karena terkendala pandemi Covid-19.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI