DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PEMANFAATAN KOPERASI SEKOLAH TEHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN (STUDI PADA SMK NEGERI 3 BANJARMASIN)
PENGARANG:Noor Laila
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-14


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menjelaskan bagaimana pemanfaatan koperasi sekolah di SMKN 3 Banjarmasin (2) menjelaskan bagaimana gambaran pembelajaran kewirausahaan di SMKN 3 Banjarmasin (3) menjelaskan bagaimana efektivitas pemanfaatan koperasi sekolah terhadap efektivitas pembelajaran kewirausahaan di SMKN 3 Banjarmasin.
Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif asosiatif . Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa di SMKN 3 Banjarmasin Kelas X Program Keahlian Pemasaran yang berjumlah 63 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemanfaatan koperasi sekolah pada siswa kelas X jurusan Pemasaran SMKN 3 Banjarmasin termasuk pada kategori tinggi dengan persentase keseluruhan sebesar 79,59%. (2) Pembelajaran kewirausahaan pada siswa kelas X jurusan Pemasaran SMKN 3 Banjarmasin termasuk pada kategori sangat tinggi dengan persentase keseluruhan sebesar 80,58%. (3) Berdasarkan hasil perhitungan SPSS diketahui bahwa efektivitas pemanfaatan koperasi sekolah berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajaran kewirauasahaan pada siswa kelas X jurusan pemasaran di SMKN 3 Banjarmasin sebesar 0,742 (74,2%) sedangkan 25,8% merupakan pengaruh dari faktor lain di luar variable tersebut yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian hendaknya siswa lebih memahami tujuan dilaksanakannya kegiatan praktik pembelajaran di koperasi sekolah, selain itu guru kewirausahaan dan pembina koperasi saling berkoordinasi dalam membuat perencanaan praktik pembelajaran kewirausahaan di koperasi. Pihak sekolah juga memberikan kesempatan lebih kepada siswa untuk menjadi anggota koperasi dan siswa diperbolehkan menjual atau menitipkan barang hasil produksi sendiri di koperasi sekolah. Sehingga siswa dapat benar-benar merasakan koperasi sebagai sarana untuk belajar berwirausaha.
Kata Kunci : Koperasi Sekolah, Pembelajaran Kewirausahaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI