DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN AIR BERSIH PDAM TIRTA DHARMA KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:NURHALISAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-30


ABSTRAK

Nurhalisah, 2020, Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Air Bersih PDAM Tirta Dharma Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Tesis.  Program Studi Pascasarjana  Pengelolaan  Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. Pembimbing:  Dr. Hj. Emmy Lilimantik, S.Pi, M.P; Dr. Ir. Rukmini, M.P; Dr. Leila Ariyani Sofia, S.Pi, M.P.

 

Kata Kunci: air bersih, distribusi, kualitas air, persepsi, strategi, SWOT

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap pelayanan air bersih PDAM Tirta Dharma Kabupaten Tabalong, khususnya Kecamatan Tanjung, Mengindentifikasi kendala atau permasalahan yang terjadi terhadap distribusi air bersih. Menganalisis strategi peningkatan pelayanan air bersih PDAM.

Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Pengumpulan data mengenai persepsi masyarakat terhadap pelayanan air bersih PDAM dengan metode angket atau kuesioner dan pengukuran dengan Skala Likert (skala bertingkat) yang diisi oleh pelanggan PDAM Tirta Dharma golongan rumah tangga A1, A2 dan A3 di Kecamatan Tanjung sebagai responden. Identifikasi kendala dan permasalahan dengan cara tabulasi berdasarkan data hasil pertanyaan kuesioner kepada responden. Strategi peningkatan pelayanan air bersih PDAM ditentukan dengan analisis SWOT perbandingan faktor internal dan eksternal.

Hasil analisis persepsi masyarakat terhadap pelayanan dan kualitas air bersih Tirta Dharma Kabupaten Tabalong umumnya cukup baik dengan tingkat capaian 68%. Kendala atau permasalahan yang terjadi pada PDAM berhubungan dengan kurang lancarnya distribusi air bersih, kurangnya teknisi lapangan, ketergantungan terhadap listrik PLN dan belum stabilnya kualitas air dari PDAM. Strategi peningkatan pelayanan air bersih PDAM seperti: pembaruan teknologi terbaru dalam perawatan dan perbaikan utilitas, penambahan daya listrik cadangan sendiri, perluasan jaringan pipa air bersih, pengecekan secara rutin kualitas air baku dari Sungai Tabalong dan air bersih hasil olahan PDAM, dan penambahan teknisi lapangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI