DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Representasi Rasisme Dalam Film The Butler
PENGARANG:RETINA HANDRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-31


ABSTRAK

Retina Handriani 1610414220017, 2021 “Representasi Rasisme Dalam Film The Butler” Dibimbing oleh Atika dan Achmad Bayu Chandrabuwono

Film sebagai komunikasi massa menjadi sarana hiburan dan edukasi yang dibutuhkan masyarakat. Sebuah film berjudul The Butler mengangkat cerita yang terinspirasi dari kisah nyata tentang rasisme yang dialami oleh warga kulit hitam dan perjuangan mereka untuk mendapatkan hak yang sama seperti warga kulit putih. Peristiwa rasisme seperti ini memang menjadi ironi yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat. Penelitian dengan judul “Representasi Rasisme Dalam Film The Butler” bertujuan untuk mengetahui representasi rasisme di dalam film “The Butler”.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pada penelitian ini menggunakan analisis semiotika Charles S. Pierce berdasarkan representamen, object, dan interpretant yang terdapat pada scene yang merepresentasikan rasisme dalam film The Butler.

Hasil dari penelitian ini menunjukan rasisme individu yang direpresentasikan yaitu tindak rasisme yang dilakukan individu ke individu, kelompok ke individu, maupun individu ke kelompok. Rasisme yang dilakukan mulai dari tindakan verbal maupun non verbal hingga menghilangkan nyawa. Sedangkan representasi rasisme institusional menunjukan diskriminasi yang dilakukan oleh pemerintah berdasarkan perbedaan ras yang ada, bahkan memberlakukan hukum segresi atau Jim Crow Law.

Kata Kunci: Film, rasisme, representasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI