DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK KOMUNIKASI KELUARGA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI I DAHA UTARA NAGARA HULU SUNGAI SELATAN (HSS)
PENGARANG:ANISA
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-14


Komunikasi akan memunculkan sikap kreativitas karena kreativitas hasil dari interaksi antara individu dan lingkungannya salah satunya adalah lingkungan keluarga. Dengan demikian perubahan di dalam individu maupun di dalam lingkungan dapat menunjang atau dapat menghambat upaya kreatif. Permasalahan yang dihadapi adalah komunikasi keluarga antara siswa dengan orang tuanya masih kurang, orang tua dengan siswa tidak ada keterbukaan hal ini dilihat pada fenomena di lapangan pada saat wawancara dengan beberapa siswa menyatakan apabila siswa mendapatkan nilai ulangan yang buruk maka siswa tidak menceritakan ke orang tuanya dan orangtuanya jarang menanyakan hasil belajar anaknya di sekolah.Siswa belum memiliki hasrat keingin tahuan yang cukup besar terhadap materi pembelajaran ekonomi, siswa malu dan takut salah untuk mengajukan pertanyaan kepada guru, rendahnya daya imajinasi siswa untuk membuat pertanyaan dan mengutarakan pendapat atau ide kepada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk;1) mengetahui Komunikasi Keluarga Siswa kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Daha Utara.2) mengetahui tingkat Kreativitas Belajar Siswa kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Daha Utara.3) mengetahui seberapa besar dampak Komunikasi Keluarga terhadap Pengembangan Kreativitas kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Daha Utara.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif.Jumlah populasi sebesar 135 orang dan untuk penentuan sampel menggunakan sampel jenuhsehingga sampelnya sebesar 135 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi keluarga termasuk dalam katerogi tinggi dengan tingkat presentase 71,63%, kreativitas belajar dengan ketegori sedang dengan presentase 60% dan dapat dibuktikan bahwa komunikasi keluarga berdampak positif pada kreativitas belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Daha Utara sebesar 0,490 atau (49%) dan 51 % faktor lain. Saran yang diberikan sebagai seorang anak dituntut untuk lebih membuka diri terhadap orang tua yaitu dengan melakukan komunikasi yang penuh kasih sayang, persahabatan, kerjasama, penghargaan, kejujuran kepercayaan, dan keterbukaan. Hal ini akan membentuk sebuah ketentraman di dalam keluarga, komunikasi yang demikian merupakan suasana yang menggairahkan bagi pertumbuhan kreativitas anak.
Kata Kunci: Komunikasi keluarga dan kreativitas belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI