DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kinerja Aparatur Dalam Pemberian Pelayanan Di Kelurahan Karang Taruna Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut
PENGARANG:GILANG PRADANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-31


ABSTRAK

 

Gilang Pradana, NIM. 16200421310005, 2020. Kinerja Aparatur Dalam Pemberian Pelayanan Di Kelurahan Karang Taruna Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. dibawah bimbingan Dosen Pembimbing I Asmu’I dan Dosen Pembimbing II Samahuddin Muharam.

            Pengukuran keberhasilan maupun kegagalan instansi pemerintah dalammenjalankan tugas pokok dan fungsinya sulit dilakukan secara obyektif, karena belum diterapkannya sistem pengukuran kinerja, yang dapat menginformasikan tingkat keberhasilan secara obyektif dan terukur dari pelaksanaan program-program disuatu instansi pemerintah.Berdasarkan permasalahan tersebutdimana dalam survei kepuasan masyarakat yang dilaksanakan oleh pihak Kelurahan Karang Taruna nihil pengaduan, namun penyampaian melalui media kotak pengaduan masih terdapat keluhan terhadap kinerja pelayanan hampir sepanjang tahun 2019.

            Tujuan Penelitian yaitu untuk meneliti dan mengetahui kinerja aparatur dalam pemberian pelayanan e-KTP di Kelurahan Karang Taruna Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Dan Untuk meneliti dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kinerja aparatur dalam pemberian pelayanan e-KTP di Kelurahan Karang Taruna Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut

Metode Penelitian menggunakan Pendekatan pendekatan kualitatif., Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Karang Taruna Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Fokus penelitian yang ditetapkan dari permasalahan yang ada adalah kinerja aparatur dalam pemberian pelayanan e-KTP di Kelurahan Karang Taruna Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut

Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Kinerja Aparatur Dalam Pemberian Pelayanan e-KTP Di Kelurahan Karang Taruna, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Dapat Dikatakan Cukup Tinggi, Hal Ini Dapat Di Lihat Dari Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Resposibilitas, Akuntabilitas Menurut Teori Dwiyanto dan Menurut Ruky dalam Tangkilisan (2005: 180), faktor yang mempengaruhi kinerja aparatur. Indikator yang secara kualitatif dinilai kepada kinerja aparatur Kelurahan Karang Taruna dalam memberikan pelayanan yang dilihat berdasarkan kepada produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas yang mana secara keseluruhan terpenuhi dengan tingkatan tinggi. Faktor yang mempengaruhi kinerja aparatur Kelurahan Karang Taruna dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang dinilai berpengaruh dan terpenuhi dalam kinerja aparatur adalah dari kualitas input, budaya organisasi, kepemimpinan, dan pengelolaan sumber daya manusia. Sedangkan teknologi dan kualitas lingkungan fisik masih belum mendukung dimana teknologi belum dimanfaatkan maksimal dan kualitas fisik juga belum mendukung untuk kesempurnaan pelayanan.

Disarankan upgrade pelayanan dimana perkembangan teknologi tersebut juga tidak bisa diindahkan kedepannya sebagai bentuk inovasi dan agar dibentuk suatu Standard Operational Procedure.

Kata Kunci : Teori Dwiyanto dan Teori Ruky

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI