DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implikatur Percakapan Para Tokoh dalam Film Warkop DKI "Gengsi Dong"
PENGARANG:NABILLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-31


ABSTRAK

 

Nabilla. 2021. Implikatur Percakapan Para Tokoh dalam Film Warkop DKI “Gengsi Dong”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Moh. Fatah Yasin, M.Pd.; (II) Lita Luthfiyanti, M.Pd.

Kata kunci: bentuk implikatur percakapan, fungsi implikatur, film       

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi implikatur yang dilakukan para tokoh dalam film Warkop DKI “Gengsi Dong”. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah tuturan para tokoh film Warkop DKI “Gengsi Dong”. Teknik pengumpulan data ini ialah metode simak dan catat.  Teknik analisis data melalui tiga tahapan: (1) reduksi data atau mengumpulkan data yang sudah didapatkan, (2) penyajian data untuk mendeskripsikan, (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi.

            Dari penelitian diperoleh bahwa bentuk implikatur percakapan film Warkop DKI “Gengsi Dong” ada tiga, yaitu: implikatur percakapan umum ada 8 buah, implikatur percakapan skala ada 2 buah, dan implikatur percakapan khusus ada 10 buah yang mengandung implikatur. Fungsi implikatur dalam film Warkop DKI “Gengsi Dong” 3 fungsi, yaitu (1) implikatur yang berfungsi representatif, yang meliputi (a) menyatakan terdapat 12 fungsi implikatur; (2) implikatur yang berfungsi ekspresif, yang meliputi (a) memuji terdapat 2 fungsi implikatur; (b) menyindir terdapat 21 fungsi implikatur; dan (c) mengkritik terdapat 2 fungsi implikatur; (3) implikatur yang berfungsi direktif, yang meliputi (a) meminta terdapat 2 fungsi implikatur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI