DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2016/2017
PENGARANG:WINDA SARI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-14


Kemandirian belajar adalah suatu kemampuan siswa yang membawa
perubahan positif terhadap keberhasilan siswa dalam belajar . Kemandirian belajar
tidak hanya berasal dari dalam diri siswa, tetapi juga berasal dari luar diri siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
variabel percaya diri, disiplin, inisiatif, tanggung jawab, motivasi, keluarga,
sekolah dan masyarakat secara parsial dan secara simultan terhadap kemandirian
belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah assosiatif
dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin yang berjumlah
60 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Faktor percaya diri secara parsial
berpengaruh terhadap kemandirian belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung
(3,042) > ttabel (2,001); b) Faktor disiplin secara parsial tidak berpengaruh terhadap
kemandirian belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung (0,478) < ttabel (2,001);
c) Faktor inisiatif secara parsial tidak berpengaruh terhadap kemandirian belajar
yang ditunjukkan dengan nilai thitung (-0,092) < ttabel (2,001); d) Faktor tanggung
jawab secara parsial berpengaruh terhadap kemandirian belajar yang ditunjukkan
dengan nilai thitung (5,007) > ttabel (2,001); e) Faktor motivasi secara parsial
berpengaruh terhadap kemandirian belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung
(2,824) > ttabel (2,001); f) Faktor keluarga secara parsial tidak berpengaruh
terhadap kemandirian belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung (-0,242) < ttabel
(2,001); g) Faktor sekolah secara parsial berpengaruh terhadap kemandirian
belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung (2,0,85) > ttabel (2,001); h) Faktor
masyarakat secara parsial tidak berpengaruh terhadap kemandirian belajar yang
ditunjukkan dengan nilai thitung (1,270) > ttabel (2,001); h) faktor-faktor yang
mempengaruhi kemandirian belajar siswa yang meliputi percaya diri, disiplin,
inisiatif, tanggung jawab, motivasi, keluarga, sekolah dan masyarakat secara
simultan Fhitung(10,189) > Ftabel (2,13) mempunyai pengaruh positif terhadap
kemandirian belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada siswa diharapkan siswa
meningkatkan kemandirian belajar yang baik, serta perlu perhatian dari guru
untuk bisa memberikan metode belajar yang menarik agar siswa lebih semangat
dan bisa meningkatkan kemandirian belajarnya untuk bisa mengikuti pelajaran
dengan baik serta bagi pihak sekolah mengenai faktor lain yang mempengaruhi
kemandirian belajar siswa.
Kata kunci: Kemandirian belajar, percaya diri, disiplin, inisiatif, tanggung
jawab, motivasi, keluarga, sekolah dan masyarakat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI